Pemda Morotai dan BI Malut Gelar Rakor Digitalisasi Daerah

Rakor Pemda Morotai bersama BI Pewakilan Maluku Utara.

MOROTAI-pm.com, Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai menggelar rapat koordinasi dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malut, Jumat (16/6/2023).

Rapat koordinasi itu terkait upaya percepatan dan perluasan digitalisasi daerah Kabupaten Pulau Morotai.

Di hadapan perwakilan BI, Bupati Morotai Muhammad Umar Ali dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya rapat koordinasi tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, akan membantu pengembangan program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) bersama BI Perwakilan Provinsi maluku Utara di Kabupaten Pulau Morotai.

Menurutnya, BI juga merupakan otoritas pengawasan sistem pembayayaran baik tunai maupun non tunai.

Untuk itu, lewat rapat kordinasi hari ini kiranya terjadi pengembangan atau peningkatan elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah daerah sebagai upaya untuk mewujudkan perluasan less Cash society dan keuangan inklusif melalui peningkatan akses keuangan untuk layanan transaksi non tunai dalam segala bidang.

“Sungguh pun demikian, kami harus tetap berterima kasih untuk bank BNI dan bank Maluku yang telah menempatkan ATM di Kecamatan-kecamatan, serta bank BRI yang menempatkan atm di beberapa titik Di morotai selatan,” katanya.

Ia menerangkan bahwa Pemda Morotai telah berupaya cecara perlahan untuk mentransformasi budaya transaksi antar pemerintah kepada masyarakat dari tunai ke non tunai.

“Ke depan, perlahan-lahan kita perlu mendorong perluasan transaksi non tunai dalam lingkungan sesama masyarakat dalam aktivitas ekonomi, untuk itu, kita juga perlu memikirkan Sarana/ prasarana yang mendukung terjadinya elektronifikasi transaksi dimaksud,” terangnya.

Bupati sangat berharap bahwa rapat koordinasi itu  dapat melahirkan sebuah rekomendasi yang positif untuk pembangunan kabupaten pulau morotai.

“Untuk itu, kami mengajak kepada tim untuk terus bersinergi dan mensukseskan elektronifikasi transaksi ETPD yang semakin inovatif serta inklusif,” harapnya.

Komentar

Loading...