Pemuda Muhammadiyah Desak Pemprov Malut Lunasi DBH ke Pemda Halut

Ilutrasi DBH

TOBELO-PM.com, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) mendesak Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) merealisasi anggaran
Dana Bagi Hasil (DBH) ke Pemda Halut. Sebab, anggaran DBH itu hak Pemda Halut yang wajib diberikan oleh Pemprov Malut.

Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Halut Jumar Mafoloi mengatakan, belum direalisasikan anggaran DBH ke Pemda Halut sejak tahun 2021 dan tahun 2022 mulai triwulan II serta Triwulan III tentunya, Pemprov Malut terkesan menjajah Pemda Halut dengan menahan anggaran DBH yang bersumber dari APBN.

"Pemprov tidak harus menahan anggaran DBH milik Pemda Halut, sebab hal itu, berdampak pada sejumlah program Pemda Halut tidak terbayarkan akibat dari sikap Pemprov Malut yang terkesan mengabaikan Pemda Halut," Ujar Jumar.

Jumar menegaskan, Anggaran DBH itu bersumber dari APBN yang dititipkan kepada Pemrov Malut untuk diberikan ke Pemda Halut. Namun sampai sejauh ini, Pemrov Malut masih belum merealisasikan anggaran DBH ke Pemda Halut, tentunya patut dicurigai, bahwa Pemprov Malut telah menggelapkan anggaran DBH Pemda Halut untuk dipakai kepentingan pembiayaan Pemprov Malut.

"Dana itu, hak Pemda Halut seharusnya direalisasikan sesuai dengan ketentuan, bukan Pemprov Malut menggunakan anggaran DBH itu untuk pembiayaan program Pemprov," Jelasnya.

Jumar menambahkan, Pemuda Muhammadiyah Malut ikut prihatin sikap Pemprov Malut terhadap Pemda Halut. Sebab, sikap Pemprov Malut itu, terkesan memperlambat pembangunan di Halut, dan mempersulit Pemda Halut dalam membiayai program. Oleh karena itu, demi kepentingan kesejahteraan dan pembangunan daerah, Pemuda Muhammadiyah mendesak Pemprov Malut segera merealisasikan anggaran DBH ke Pemda Halut.

"Tindakan Pemprov Malut ini, sudah menyalahi aturan pengelolaan anggaran DBH, oleh karena itu, Penegak Hukum seperti Kejati dan Polda Malut mengusut anggaran DBH hak kabupaten Halut yang tak kunjung dikucurkan untuk Pemda Halut," Akhirinya.(red)

Komentar

Loading...