poskomalut.com
baner header

Penentuan Lokasi HUT Morotai Hak Bupati

MOROTAI-PM.com, Penempatan lokasi Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pulau Morotai  ke 11 tahun, yang sebelumnya direncanakan di Desa Sangowo Barat (Sangbar), Kecamatan Mortim. Namun, dibatalkan.

“Untuk menentukan lokasi HUT Morotai itu hak prerogatif bapak Bupati bukan Camat. Jadi memang awalnya di Sangowo Barat dan saya sudah rapat dengan seluruh kepala Desa di tentukannya di Sangowo Barat,” jelas Camat Mortim, Sahril Umasugi kepada wartawan, Selasa (3/03/2020).

Setelah rencana pelaksanaan HUT dipusatkan di lapangan Sangbar itu batal, maka pihaknya menggeser lokasi HUT di Sangowo Timur tepatnya di Lopong Pantai. Bahkan, lapangannya sudah dibersihkan. Namun, kembali dibatalkan dan dipindahkan di lapangan Desa Mira.

“Kadis Pariwisata, Asisten 2, Staf Kusus, dan Kabag Umum menyampaikan sehingga lokasinya berubah lagi di Sangowo Timur di Lopong pantai, begitu saya bersihkan lokasi berubah lagi di Mira,” katanya.

Ia menerangkan, awalnya Desa Sangowo Barat dipilih menjadi tempat perayaan HUT berdasarkan rapat bersama 15 Kepala Desa sepakat perayaan HUT di Sangbar, sayangnya kesepakatan ini batal, karena lokasinya kembali dipindahkan.

“Saya anggap sudah final di Sangbar. Kami langsung bekerja bakti sejak bulan Januari. Kumdian kami juga sudah atur untuk parkirannya kemudian jalur evakuasinya sudah kami atur, sehingga pada saat masyarakat kenapa-kenapa bisa muda untuk di evakuasi ke Puskesmas. Terus jalur parkiran Bapak Bupati juga sudah kami siapkan di belakang, dan artis nanti bisa kita taruh di kantor kepala desa sangowo barat sehingga lebih muda dengan akses panggung bisa steril itu semua sudah kami atur. Tapi yang dirubah itukan mereka di atas bukan camat,” terang Sahril

Lokasi di Desa Mira saat ini juga sudah dibersihah, namun masih belum final, karena untuk kepastian lokasi perayaan HUT harus dikoordinasikan lagi dengan Bupati. “Saya sudah berapa kali menghadap pak Bupati, tapi pak Bupati masih diluar daerah, tujuan saya ini untuk tanya kepastian tempat perayaan HUT tepatnya dimana,” imbuh Sahril.

Terpisah, Ketua Panitia HUT Morotai, Ida Arsad mengungkapkan lokasi perayaan HUT telah ditetapkan.

“Lokasi yang kita butuhkan harus besar untuk mendatangi masyarakat Pulau Morotai, untuk lapangan sangowo di anggap tidak representatif oleh Pemerintah pak Bupati serta jajarannya. Pak Bupati bersma DPRD juga turun survei lokasinya dan di tetapkan di lapangan Desa Mira karena dipastikan pembakaran kembang api juga jadi harus perhatikan aspek aspek keamanan juga,” ujarnya. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: