PPK Loloda Kepulauan Kembalikan Kepercayaan Publik Pelaksanaan Tahapan Pilkada 2020

Pleno Kecamatan Loloda Kepulauan Berjalan Aman

Ketua PPK Loloda Kepulauan, Rajiman Nuyu.

TOBELO-pm.com, Pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kecamatan Loloda Kepulauan Kebupaten Halmahera Utara (Halut) sejak Sabtu (12/12/20) kemarin, berjalan aman dan sesuai aturan.

Stikma Loloda Kepulauan sebagai kecamatan kerawanan pemilupun dijawab dengan pelaksanaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halut 2020 sesuai asas pemilu yang jujur, adil dan bermartabat.

Tahapan pemungutan dan perhitungan suara tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga tahapan rekapitulasi kecamatan tidak terjadi pelanggaran. Pleno rekapitulasi tingkat Kecamatan Loloda Kepulauan dengan 17 TPS berjalan hanya dengan waktu tiga jam yang dimulai Rabu (12/12/20) pukul 15.00 wit dan berakhir 18.00 wit.

"Proses tahapan Pilkada Halut di Kecamatan Loloda Kepulauan hingga di pleno rekapitulasi tingkat kecamatan sangat sukses karena pleno berjalan aman dan lancar, sesuai asas pemilu jujur adil dan bermartabat. Kesuksesan lima komisioner PPK itu, menunjukan integritas mengembalikan kepercayaan publik bahwa pelaksanaan Pilkada di Loloda Kepulauan sesuai dengan aturan dan bahkan berjalan aman dan lancar di tahapan Pilkada 2020 17 TPS hingga pleno kecamatan tidak terjadi pelanggaran, baik administrasi maupun pidana," ujar Ketua PPK Loloda Kepulauan, Rajiman Nuyu, Senin (14/12/20).

Menurutnya, selama pemilihan umum dilaksanakan baik itu, pemilihan legislatif, gubernur, bupati dan wakil bupati. Sebelumnya, kata Rajiman, wilayah Loloda Kepulauan masuk dalam wilayah kerawanan pemilu. Tetapi pada Pilkada tahun 2020 ini, pelaksanaan tahapan hingga selesai telah memberikan citra bagi masyarakat, bahwa wilayah Loloda Kepulauan telah mengembalikan citra politik normatif dan bermartabat.

"Dengan berakhirnya tahapan Pilkada pada rapat pleno rekapitulasi yang berjalan sukses aman dan lancar, membuktikan bahwa wilayah Loloda Kepulauan telah mengembalikan citra pelaksanaan Pilkada tanpa kerawanan pelanggaran," cetusnya.

Pria kelahiran Loloda Kepulauan, alumni Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) itu, bersama rekan-rekan PPK dan PPS, serta KPPS mampu memberikan warna baru bahwa pelaksanaan tahapan Pilkada tidak lagi menjadi wilayah kerawanan pemilu.

Sementara, hasil pleno kecamatan Loloda Kepulauan, Pasangan Calon (Paslon) Frans Manery Muhlis-Tapi Tapi (FM-Mantap) meraih 2,318 suara, Joel B Wogono-Said Bajak (JOS) 1,022 suara. Jumlah suara sah 3,340, suara rusak 34 suara.

"Kesuksesan PPK, PPS, dan KPPS se Kecamatan Loloda Kepulauan pada tahapan Pilkada 2020 yang berjalan lancar dan aman ini, untuk mengembalikan citra Loloda Kepulauan dari kerawanan pemilu," terangnya.

Rajiman menambahkan, pihaknya mewakili seluruh komisioner PPK Loloda Kepulauan, berterima kasih pada TNI Polri, Panwas Kecamatan dan jajaranya atas kerja kera menyuksesi tahapan Pilkada hingga pleno rekapitulasi tingkat kecamatan yang berjalan lancar dan aman.

"Kami apresiasi TNI Polri yang bertugas hingga mampu menjaga keamanan selama proses tahapan Pilkada berjalan aman, begitu juga pada Panwas kecamatan dan jajaranya yang telah mengawasi proses tahapan Pilkada hingga pengawalan Kotak suara ke Kantor KPU Halut berjalan sesuai aturan. Terakhir kami ucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat loloda Kepulauan yang ikut mensukseskan Pilkada di Loloda Kepulauan," katanya.

"Kami juga ucapkan terimaksi pula Kepada pimpinan kami, ketua dan anggota KPU Halut yang telah memberikan motifasi bimbingan dan sport, shingga di pungut hitung di tanggal 9 Desember 2020 dan pleno rekapitulasi tingkat kecamatan berjalan aman," akhirnya. (mar/red)

Komentar

Loading...