poskomalut.com
baner header

Polri Tegaskan Tetap Netral untuk Pengamanan PSU Pilkada Halut

TOBELO-PM.com, Menepis kecurigaan Masyarakat terkait Netralitas Polisi dalam pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Halmahera Utara (Halut) Mendapat sorotan dari Kapolres Halut.

Kapolres menegaskan pengamanan PSU Pilkada Halut di lima titik Polres tetap netral tanpa berpihak ke salah satu paslon.

Kapolres Halut AKBP AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso mengatakan, terkait kecurigaan warga terhadap Polisi yang cenderung tidak netral itu, tidak benar. Sebab, Polisi sebagai pilar keamanan tetap berada ditengah dalam pelaksanaan PSU Pilkada Halut. Bahkan dalam pelaksanaan pengamanan Polres menyiapkan teknis pengamanan untuk memastikan bahwa pelaksanaan PSU berjalan aman dan kondusif.

“Kami sebagai pihak keamanan tetap netral dengan melaksanakan langkah-langkah pengamanan kepolisian untuk mengamankan potensi kerawanan dalam pelaksanaan PSU Pilkada Halut,” Ujar Kapolres. Rabu (14/04).

Kapolres menjelaskan, terkait penolakan warga untuk penempatan Pos pengamanan PSU di depan kediaman Kepala Desa Rawajaya itu, untuk mengantisipasi potensi konflik di Desa yang menggelar PSU.

Tak hanya di Desa Rawajaya yang ditempatkan Pos pengamanan didekat kediaman Kades, tetapi di empat titik PSU Desa Tetewang, Desa Supu, juga ditempatkan Pos pengamanan di dekat kediaman Kepala Desa. Hal itu, sebagai langka kepolisian yang sudah memetahkan solusi kerawanan konflik dua langkah kedepan.

“Kenapa kami tempatkan didekat kediaman Kades, karena kami tau, bahwa Aparatur Negri Sipil (PNS) dan Kades rawan diintimidasi oleh pihak pihak yang berkepentingan dalam PSU Pilkada Halut, oleh karena itu, kami tempatkan untuk meredam potensi kerawanan kepada PNS dan Kades dari ancaman intimidasi,” Cetus Kapolres.

Lanjut Kapolres Sikap Polri tetap netral dalam pelaksanaan pengamanan PSU Pilkada Halut. Untuk itu, Polres menempatkan pos pengamanan disebut titik PSU itu, juga ditempati oleh Satpol PP, TNI dan Polri.

Tak hanya itu, tujuan dari penempatan Pos pengamanan di titik PSU Pilkada tahun 2021 untuk meredam potensi kerawanan dimasyarakat. Oleh karena itu, Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang.

“Kami tempatkan Pos Pengamanan di titik PSU untuk meredam potensi kerawanan, kenapa kami tempatkan di dekat kediaman Kades, karena Kades dan PNS juga rawan diintimidasi, Meski masyarakat menolak untuk penempatan Pos pengamanan di kediaman Kades Desa Rawajaya, tetapi kami sudah pindahkan di tempat lain yang masih wilayah PSU TPS 07 Desa Rawajaya. Pos pengamanan yang kami tempatkan juga diisi dari TNI, Satpol PP, dan Kades, bahkan Linmas Desa juga bisa diisi dipos pengamanan, saya tegaskan Sikap Polri tetap netral,” Beber Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menegaskan Masyarakat tetap tenang, karena Polri bertugas menjaga Kamtimbmas tetap kondusif. Sikap Polri tetap berpegang pada komitmen awal yakni Polri netral. Tuga Polri bagaimana memberikan rasa nyaman kepada masyarakat menjelang PSU Pilkada Halut.

“Saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga wilayah Halut tetap kondusif, dan jauhkan dari semua profokator – profokator sehingga semuanya berjalan aman dan lancar,” Tegas Kapolres.

Kapolres menambahkan, masyarakat yang berada dalam PSU Pilkada Halut agar memberi hak suara sesuai dengan hati nurani masing-masing, tanpa ada intimidasi.

Polri bersama Pemerintah Daerah bahu membahu bersinegri untuk menciptakan kondisi yang kondusif aman dan nyaman. Terkait laporan intimidasi yang dilakukan oleh Ketua TKBM sudah dipanggil.

“Kami sudah konfortasi untuk meminta klarifikasi Ketua TKBM, tetapi laporan intimidasi itu tidak benar, bahkan korban saat ditanya tidak merasa diancam untuk dipecat. Tetapi kalimat pemecatan itu, datang dari orang yang duduk di dekat Pos TKBM, Orang itu menyebut kenapa kamu menyuruh kami pindah apakah kamu takut dipecat Ketua TKBM,sehingga sudah diselesaikan,” ujarnya.

“Harapannya pada 28 April kita semua bersama sama mensukseskan PSU Pilkada Halut, siapa pun yang akan terpilih nanti putra terbaik dari Halut,” Akhirnya.(Mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: