poskomalut.com
baner header

Sejumlah Rumah di Lima Desa Kecamatan Kao Barat Terendam Banjir

Akses Jalan Lumpuh Tergenang Air

TOBELO-PM.com, Sungai Wailamo di Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) kembali meluap hingga menyebabkan banjir dan menerjang sejumlah rumah di lima desa. 

Ketinggian air di lokasi Lima Desa itu mencapai 30 cm hingga 120 cm. Lima desa itu diantaranya Desa Pitago, Desa Bailengit, Desa Somaetek dan Desa Toguis. Akibat banjir itu seluruh pemukiman masyarakat di lima Desa setempat terendam banjir dan akses transportasi di sekitarnya terputus.

Danramil 1508-03 Kao, Kapten Inf Abd. Muchsin, membenarkan hujan yang terjadi satu malam penuh dari hari jumat (15/1) malam hingga Sabtu (16/1) pagi membuat aliran sungai wailamo yang melintasi lima desa tersebut mengalami air pasang kemudian mengarah ke pemukiman warga setempat.

“Warga yang rumahnya terendam air mulai melaksanakan evakuasi mandiri ke lokasi aman disekitar desa yang tidak terkena banjir,” Kata, Inf Abd. Muchsin, ketika di konfirmasi, Sabtu 16 Januari 2021.

Inf Abd. Muchsin menyebutkan, hingga pukul 11:00 WIT Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah tiba di lokasi kejadian dengan 1 unit mobil Basarnas dan 1 buah sekoci, bersama dengan personel koramil 1508-03 Kao untuk membantu evakuasi warga.

“Kemudian Pasi Ter Kodim 1508/TBL Kapten Inf Indri Kuswanto beserta anggota tiba di lokasi bencana dengan membawa bantuan 1 unit tenda untuk tempat pengungsian,” sambungnya.

Camat Kao Barat Abner Tukang, menambahkan warga yang terkena dampak banjir di evakuasi menuju tempat penampungan yang berlokasi SD Inpres Desa Kai kecamatan kao Barat, Gereja GMIH Elim desa Bailengit dan SMK Bina karya desa Somaetek. “Warga yang terkena Banjir sudah dievakuasi ke tempat yang aman,” Akhirinya.(Mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: