poskomalut.com
baner header

Siltab Desa Cair, 196 Kades di Halut ‘Mandi Doi’

TOBELO-PM.com, Senyum tipis terlihat di seluruh Kepala Desa (Kades) dari 196 Desa se Kabupaten Halmahera Utara (Halut), lantaran hak-hak tunjangan dan gaji berupa Siltab bakal terbayar. Bahkan para Kades itu berpotensi mandi doi.

Pasalnya, dana Siltab para Kades itu, sebelumnya tertunggak secara bervariasi, ada yang tiga bulan, empat bulan dan dua bulan. Saat ini, para Kades sudah mengantongi rekomendasi pencairan dana Siltab dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halut.  Bahkan terlihat seluruh Kades mengantri di sejumlah Bank.

Kepala Dinas PMD Halut Wenas Rompis mengatakan, saat ini rekomendasi pencairan Siltab sudah dikantongi seluruh Desa. Para Kades itu, tengah mengantri di sejumlah Bank menanti pencairan Siltab. Pencairan ini, bervariasi tiap Desa, ada yang empat bulan, tiga bulan, dan dua bulan, bahkan pencairan Siltab ini sampai Bulan September 2020.

“Samua Kades hari ini basah dengan doi, karena saat ini pencairan dana Siltap di Bank BPBD Maluku Maluku Utara, BNI, Mandiri dan BRI, syarat pencairan berupa rekomendasi kita sudah keluarkan semua kepada Kades Kades,” Ungkap Wenas Rompis. Senin (28/09).

Wenas mengakui, sebelumnya ada keterlambatan pembayaran Siltap para Kades. Hal itu dipengaruhi karena kondisi Keuangan, ditambah Pemrov Malut tidak merealisasikan Dana Bagi Hasil (DBH) senilai Rp. 60 Miliar yang didalamnya rincian dana Siltab. Namun DBH itu, belum direalisasikan ke Pemkab Halut. “Sebelumnya penunggakan Siltab ini, karena kondisi keuangan, apalagi dana DBH tidak direalisasi oleh Pemrov sehingga tertunggak, tapi saat ini, sudah bisa dicairkan seluruh Desa,” Akhirinya.(Mar/red)



Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: