Stok Masker di Halut Habis

Masker

TOBELO-PM.com, Stok persediaan masker diseluruh apotek Kabupaten Halmahera Utara (Halut) telah habis. Kehabisan stok masker disejumlah apotek itu sudah memasuki satu bulan lebih. Hingga saat ini belum diketahui, apakah kehabisan stok masker karena dipicu virus Corona atau keterlambatan pengiriman dari luar.

Padahal kebutuhan masker di Wilayah Halut sangat penting, karena Halut merupakan wilayah yang sering terjadi guyuran abu vulkanik gunung api Dukono. Selain itu, wilayah Halut juga merupakan zonah merah untuk penyakit Demam Berdarah (DBD), dan inveksi penyakit HIV/AIDS. Hal ini tidak menutup kemungkinan, jika masyarakat Halut sangat bergantung dengan Masker.

Salah satu pemilik Apotek Rudy mengatakan, terdapat empat apotek yang ada di Halut, tetapi stok masker di empat apotek suda hampir sebulan lebih habis, yakni Apotek Medika, Apotek Rajawali, Apotek Kimia Farma dan Apotek Kimia Farma RSUD Tobelo. “Ada empat Apotek besar di Halut sudah kekosongan stok masker, terutama stok masker di apotek milik saya," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Halut Muhammad Tapi Tapi
mengatakan,  kekosongan stok masker bukan hanya terjadi di Kabupaten
Halut, tetapi hampir semua daerah di Indonesia. Kehabisan stok masker ini,
bukan dipicu karena dampak virus corono.

“Penyebab bukan dampak dri virus Corona, tetapi kebutuhan masyarakat menggunakan masker meningkat, sementara produksi masker telah berkurang, sehingga banyak daerah mengalami kekosongan masker," akhirinya. (mar/red)

Komentar

Loading...