DPRD Panggil DLH dan Camat Morotai Timur

Tambang Pasir di Tanjung Pinang Morotai Resahkan Warga

Aktivitas penambangan pasir di Tanjung Pinang, Morotai Timur.

MOROTAI-PM.com, Penambangan pasir di Tanjung Pinang Desa Sambiki, Kecamatan Morotai Timur yang sudah berlangsung hampir 2 tahun dan meresahkan masyarakat setempat itu ternyata ditanggapi Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulau Morotai.

Tanggapan komisi itu bakal ditindaklanjuti dengan memanggil pihak terkait misalnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Morotai, Camat Morotai Timur dan Kades Sambiki Baru.

"Kami akan panggil pihak terkait misalnya DLH, camat maupun kades," jelas Wakil Ketua Komisi II, Suhari Lohor kepada wartawan Sabtu (13/5/2022).

Menurut Suhari, sebetulnya ditahun sebelumnya persoalan penambangan pasir seputaran Tanjung Pinang tepatnya di jembatan sudah diadakan pembahasan di komisi II.

"Jadi terkesan bahwa Dinas DLH Morotai tidak punya taji. Mereka hanya bisa melakukan pemberantasan pengambilan pasir seputaran pantai yang bersifat kecil-kecilan, tapi begitu pada porsi yang besar seperti perusahaan yang ada sekarang kelihatan DLH takut,"cutusnya.

"Kami sudah merekomendasikan kepada DLH supaya melakukan penutupan, akan tetapi dalam pelaksanaan sampai hari ini masih ada penambang, dan Dilokasi tanjung pinang itu sudah parah sekali, saya orang pertama saya ngotot, dari sekian lama petani yang ada dilokasi. Itu sudah banyak pohon kelapa dan tanaman-tanaman lain yang produktif sudah banyak yang tumbang," sambungnya.

Komentar

Loading...