Tanggap Covid -19, Dandim 1508/Tobelo Jadi Narasumber Talkshow Live Radio SPB FM

TOBELO-PM.com, Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Raymond Sitanggang menjadi narasumber dalam acara Talkshow di Radio Suara Paksi Buana (SPB) FM, bertempat di Desa Gura Kec. Tobelo Kab. Halmahera Utara, Senin (18/05/2020).

Dalam Talkshow tersebut mengambil tema "Bagaimana dan langkah- langkah untuk mengantisipasi peningkatan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Halut".

Letkol Inf Raymond Sitanggang mengatakan, untuk diketahui wilayah kerja mereka dari Halut sampai Pulau Morotai. Keterlibatan TNI khususnya di wilayah Halut ini sudah -+ 400 orang. Baik itu di posko - posko dan di tingkat desa- desa terintegrasi dengan satgas- satgas yang ada termasuk unsur TNI Polri dan petugas medis. Untuk gelar pasukan terutama secara umum berada di Tetewang, pos masuk pelabuhan-pelabuhan dan bandara. "Karena ini merupakan ancaman mode baru dan kita tidak bisa menentukan, beda dengan gunung meletus atau tanah longsor sudah jelas korbannya, tetapi ancaman ini berada di orang, kita bisa membatasi pergerakan orang maka kita juga bisa membatasi pergerakan virus,"ujarnya.

Lanjut dikatakan, aturan- aturan sudah diberlakukan mulai dari pembatasan jam 18.00 Wit sudah tidak ada aktifitas dan toko ditutup, kecuali pada bulan puasa ini mempunyai kebijakan untuk lanjut dan kegiatan masyarakat pada malam hari di batasi pada jam 20.30 Wit. Termasuk juga lalu lintas keluar masuk dan orang yang dari Halut data dan batasi.

Harus membawa surat keterangan dari covid asal, kemudian juga dikonfirmasi dengan covid tujuan, dan dilengkapi dengan data- data kesehatan yang harus di bawah. "Kalau saya lihat kesadaran masyarakat saat ini sudah mulai meningkat di desa- desa dan saya berterima kasih kepada kepala- kepala Desa yang sudah menghimbau kepada masyarakatnya,"tandasnya.

Babinsa jajaran Kodim 1508/Tbl saat ini rutin melakukan sosialisasi tentang bagaimana cara untuk bisa meningkatkan imun tubuh dengan cara makan makanan yang bergizi, rajin olah raga dan jaga kesehatan. "Dalam Edukasi TNI selalu membantu, dan kita juga punya keterbatasan tentang pengetahuan mengenai virus, jadi kita membantu petugas medis yang di lapangan, untuk selalu mengikuti dan menjalankan aturan dari pemerintah. Apabila ada laporan dari masyarakat, kita akan tidak lanjuti dan babinsa selalu monitor perkembangan  situasi selama 1 x 24 jam dan selalu standbay,"ungkapnya.

Ia berharap kepada masyarakat, untuk memudahkan mereka dalam bekerja. "Tolong kalau seandainya terpaksa sekali untuk mau melintas, dengan catatan harus lengkapi administrasi dan surat kesehatan anda kalaupun tidak bantu kami dengan tetap di rumah saja,"tandasnya.

Kalau melintas harus pengamanan diri mengunakan masker. "Kalau yang di rumah saja, anak sekolah, mahasiswa atau ibu rumah tangga sering- seringlah kita berjemur di luar. Dalam beraktifitas tidak kontak langsung dengan orang lain, karena memang anugerah Tuhan yang paling besar adalah sinar matahari sangat efektif untuk membuat sensitif virus covid ini serta olahraga cukup, istirahat cukup, makan teratur,"tegasnya (mar/red)

Komentar

Loading...