poskomalut.com
baner header

139 Sekolah di Tidore Siap Kelola Dana Bos

TIDORE-PM.com, Seluruh Sekolah  yang ditangani Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan (Tikep), siap mengelola penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ditranfer langsung ke masing-masing sekolah oleh Kementrian keuangan.

“Tahun ini dana Bos  sudah langsung di transfer ke rekening sekolah masing-masing , sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim,’’ ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore, Ismail Dukomalamo kepada Posko Malut, Selasa (11/02/2020).

Menurut Ismail, penyaluran dana BOS ke rekening sekolah secara langsung sesuai   Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9 Tahun 2020 tentang perubahan atas PMK Nomor 48 tahun 2019 tentang pengelolaan DAK Non Fisik. Untuk Kota Tidore terdapat 102 Sekolah SD dan 37 SMP, seluruh rekeningnya telah disiapkan menggunakan rekening yang sudah terdaftar di Kemendikbud dan akan dipantau langsung melalui data pokok pendidikan (Dapodik).

Dalam kebijakan baru ini, Menteri mengijinkan penggunaan dana BOS bisa membiayai  guru honorer hingga 50 persen dari total alokasi yang sebelumnya hanya 15 persen. Ini dilakukan upaya meningkatan kesejahteraan guru-guru honorer dan juga untuk tenaga kependidikan.

“Kami mengimbau kepada seluruh Sekolah yang mengelola dana Bos untuk dapat dipergunakan secara transparan dan pelaporanya tepat waktu, sehingga tidak berdampak hukum dikemudian hari,” himbaunya.  (mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: