BNNK Halut Diminta Teliti Tes Urin Bacaleg

Ilustrasi tes urin. (Istimewa).

TOBELO-pm.com, Bebas narkoba sebagai syarat pendaftaran bagi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menyusul syarat tersebut sangat penting, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Halut diminta lebih selektif atau teliti dalam melaksanakan tes urine bagi para Bacaleg yang ikut dalam kontestasi politik 2024.

Pasalnya, mencuat isu dugaan pelaksanaan tes Urin di BNNK Halut tidak profesional dan disiplin.

Pantauan jurnalis media ini di lapangan, terlihat pelaksanaan tes tidak ketat dalam pengambilan sampel urin para Bacaleg.

Hal itu kemudian disoroti Waki Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Halut, Alkahfi Hi Ahmad. Ia mengatakan, pengambilan sampe secara teliti harus dilakukan BNNK Halut agar bisa menekan calon anggota legislatif yang positif narkoba.

”BNNK Harus menerapkan pemeriksaan para Bacaleg sebelum mengisi formulir hingga pengawalan pengambilan sampel urin, jika dilonggarkan maka takutnya ada Bacaleg yang diduga positif narkoba membawa urin dari lunar,” Beber Alkahfi Hi Ahmad, Jumat (28/04/2023).

Alkahfi menyampaikan, syarat Bacaleg bebas narkotika dengan melalui syarat administrasi dari BNNK tentunya untuk memastikan bahwa para calon wakil rakayat yang mendaftar ke KPU benar benar bersih dari barang haram tersebut.

“Kami minta BNNK harus serius dan memperketat pelaksanaan tes urin secara tegas. Hal itu agar surat bebas narkotika yang dikeluarkan BNNK untuk Bacaleg benar-benar memastikan bersih dari narkoba,” tegasnya.

Komentar

Loading...