Bupati Kumpul Camat dan Kades se-Halut, Ingatkan Mutu Kinerja

Rakor camat dan kades se-Halut untuk meningkatkan mutu kinerja.

TOBELO-pm.com, Bupati Halmahera Utara (Halut), Ir. Frans Manery mengumpulkan 17 camat dan 196 kepala desa dalam agenda rapat koordinasi (rakor), di GOR Halut, Selasa (24/1/2023).

Rakor camat dan kades se-Halut itu untuk meningkatkan mutu kinerja.

Di hadapan peserta rakor, Frans Manery mengingatkan tugas camat yang salah satunya sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, Pasal 10 huruf g, yaitu Membina dan Mengawasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa Sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang- undangan yang Mengatur Desa.

Termasuk dalam membina dalam mengawasi desa untuk dapat melaksanakan tertib administrasi pemerintah terutama berhubungan dengan produk-produk hukum di desa.

Lanjut Frans, bahwa hendaknya camat melaksanakan pembimbingan supervisi fasilitas dan konsultasi atas pelaksanaan administrasi desa, serta mengevaluasi penyelenggaraan pemerintah desa kemudian melaporkan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan tersebut kepada bupati.

Menurutnya, harmonisasi dan akselerasi kinerja pelaksanaan kegiatan pemerintahan di kecamatan sekaligus konsolidasi aparatur harus berjalan secara selaras.

Sehingga, kata bupatu dua periode itu, mampu mendorong terlaksananya tugas camat dan meningkatkan mutu kinerja desa yang berada dalam wilayah koordinasinya.

“Sinergi yang baik antara kecamatan dan desa diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Bupati menegaskan kepada kepala desa agar serius dalam tugasnya masing-masing, berkaitan dengan tujuan pemerintah mensejahterakan masyarakat.

“Kenapa kepala desa disebut bukan camat, karena kepala desa termasuk aparat negara yang mengelola keuangan negara, sehingga kepala desa tidak boleh lagi main-main dalam pengelolaan dan pertanggung jawaban administrasi keuangan," jelasnya.

Lebih lanjut bupati menerangkan, ada beberapa hal menyebabkan laporan administrasi keuangan dana desa tidak maksimal, di antaranya tidak tahu atau sengaja memperlambat laporan.

"Harapan kita semua dengan terlaksana rekor ini maka kita dapat menyatukan persepsi bagaimana melakukan tata kelola keuangan negara dengan baik,” imbuhnya.

Frans meminta pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan karena tugas desa adalah mengayomi masyarkat, membantu yang berkekurangan. Sebagai abdi negara mempunyai tugas pelayan bukan untuk dilayani oleh masyarkat.

Ia mengimbau para kades ciptakan suasana aman dan tentram di lingkungan desa masing-masing. Sebab, sebentar lagi akan menghadapi momen politik secara serentak.

"Untuk itu saya selaku pribadi dan pemerintah mengingatkan agar mari kita selalu menjaga daerah kita ini, dari segala macam hasutan, yang dapat menggangu stabilitas keamanan di Kabupaten Halmahera Utara," pintanya

Komentar

Loading...