poskomalut.com
baner header

Cegah HIV, Kadinkes Taliabu Imbau Warga Hidup Bersih

TALIABU-PM.com, Terkait penyakit human immunodeficiency virus (HIV), Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisia Marasaoli, kepada awak media Kamis, (14/11/2019), mengimbau kepada masyarakat Pulau Taliabu agar berupaya untuk hidup sehat dan bersih.

“HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4 dan semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan. Kekebalan tubuh akan semakin lemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit, kemudian infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS. AIDS merupakan stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya,”jelasnya.

Secara legal sebagai penanggung jawab pada lembaga kesehatan di Pulau Taliabu, pihaknya memberikan warning kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat yang aktivitas ke dunia-dunia malam untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. “Untuk saat ini saya belum memiliki data yang akurat terkait dengan pasien-pasien penderita HIV dan AIDS, tapi melalui penyuluhan dari desa ke desa, saya selalu mengimbau masyarakat terutama masyarkat yang sering beraktivitas di tempat hiburan malam. Saya mengajak mari kita membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat, karena sehat itu dari diri kita sendiri. Jika setiap hati kita berperilaku hidup sehat, insya Allah penyakit apapun tidak akan mengindap kita,”imbaunya.

Dirinya juga mengaku di Kota Bobong merupakan sentral aktivitasnya masyarakat dan ada juga tempat-tempat hiburan malam. Namun, ia tidak bisa menjustis bahwa orang-orang yang berada di tempat hiburan malam itu mengidap HIV dan AIDS karena belum punya data. “Insya Allah 2020 kami mulai turun ke lapangan dan tahun itu juga setiap pekerja (pramuria) yang didatangkan itu wajib diperiksa sebelum beraktivitas. Jika ditemukan langsung dikarantinakan atau dipulangkan. Hal ini merupakan gerakan deteksi dini dan kita akan bekerja sama dengan nakertrans,”terangnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: