Desak Bupati Halut Tunda Pilkades di 53 Desa

Unjuk rasa PDPM di dapan Kantor Bupati dan DPRD Halut.

TOBELO-pm.com, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) berunjuk rasa di depan Kantor Bupati dan DPRD Halut, Selasa (16/5/2023).

Unjuk rasa itu untuk meminta pemerintah kabupaten dan DPRD Halut menunda Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 53 desa sampai pada 2025 nanti.

Koordinator aksi, Alkahfi Hi Ahmad mengatakan, berdasarkan kajian dan diskusi diinternal PDPM Halut, pelaksanaan Pilkades pada Oktober 2023 nanti dinilai dapat mengganggu stabilitas keamanan tahapan Pemilu 2024.

“Kami mendesak Bupati Halut, Frans Manery membuat Peraturan Bupati (Perbu) penundaan Pilkades hingga 2025 mendatangi,” desak Alkahfi.

Alkahfi menegaskan, DPRD sebagai lembaga legislatif dapat memberikan dukungan kepada Pemkab Halut untuk penundaan Pilkades.

“Kami harap DPRD Halut ikut mendukung untuk penundaan Pilkades,” pintanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Desa (DPMD) Halut, Naftali Gita mengatakan sangat merespon tuntutan PDPM. Bahkan, DPMD sudah mengusulkan ke bupati dan akan diadakan rapat bersama Forkopimda Halut untuk menyepakati penundaan Pilkades sampai dua tahun ke depan.

“Jadi nanti bupati akan mengadakan rapat bersama Forkopimda dalam waktu dekat untuk menyepakati penundaan Pilkades hingga 2025. Usai pertemuan dengan Forkopimda, Pemda bakal membuat Perbup dan diminta persetujuan dari gubernur dengan Mendagri untuk penundaan Pilkades, karena kita menghadapi agenda pesta demokrasi nasional yakni Pemilu 2024,” jelasnya.

Komentar

Loading...