Kas Daerah Pemda Halut Kosong, OPD Gigit Jari

Ilustrasi.

TOBELO-pm.com, Memasuki bulan ke empat tahun anggaran 2023, uang di kas daerah Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Utara (Halut) kosong.

Hal itu membuat seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) gigit jari, karena tidak bisa mencairkan anggaran belanja. Padahal, APBD 2023 sudah selesai pembahasan dan evaluasi dari Gubernur Maluku Utara sejak Februari lalu.

Tak hanya OPD, kekosongan kas daerah juga berdampak pada Siltab Pemerintah Desa (Pemdes) se-Halut sebanyak selama empat bulan, dan Tunjangan Kinerja (Tukin) ASN serta agenda DPRD juga tidak dibayarkan.

“Iya sampai sekarang belum bisa melaksanakan agenda karena anggaran belum bisa diproses dengan alasan tidak ada uang di Kas Daerah,” ujar sumber terpercaya media ini, Kamis (14/4/2023).

Sementara, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD)Halut, Mahmud Lasidji mengatakan,  saat ini Pemerintah Pusat belum mentransfer anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kata dia, belum direalisasinya DAU dan DAK menyebabkan keungan daerah masih belum stabil.

“Kami menunggu sampai Pemerintah Pusat mentransfer DAU baru bisa merealisasi sejumlah permintaan dari OPD dan Pemdes,” ujarnya.

Komentar

Loading...