poskomalut.com
baner header

Masyarakat Tidore Diminta Sadar Wisata

TIDORE-PM.com, Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Riri Aisyah Do Taher menyebutkan seiring perkembangan saat ini, maka masyarakat Kota Tidore Kepulauaan harus mulai menyadari sikap sadar wisata. Apa lagi Kota Tidore akan menjalin kerjasama dengan Kota Sevilla Spanyol. Dari sektor Wisata sebagaimana hasil pertemuan  GNMC ke-10 Juli 2019 lalu, kini kerja samanya ditindaklanjuti menyambut Sail Tidore tahun 2021.

”Sebentar lagi daerah kita banyak dikunjungi wisatawan dengan berbagai krakter. Masyarakat kita harus bisa menerima dan sadar akan dampak wisata dari Negara luar,” ungkap Riri Aisyah Do Taher kepada sejumlah wartawan dikantor DPRD Tidore, usai melakukan pembahasan dengan Pemerintah kota Tidore terkait dengan tindaklanjut kerjasama.

Menurutnya, promosi wisata bukan salah satu point penting melainkan  sadar wisata itu sendiri. Begitu juga dengan keinginan pihak Kementerian Pariwisata, jika ada kegiatan pariwisata di Kota Tidore yang paling pertama diinginkan adalah masyarakat kota Tidore harus sadar wisata. “Kalau orang dari Sevilla itu dorang bisa menerima torang datang karena dorang sudah terbiasa dengan turis, sedang orang Tidore belum terbiasa dengan turis. Sesama Indonesia saja belum bisa menerima apalagi dari negara luar,’’ terang Riri.

Rini menyebutkan, dalam rangka menyiapkan sadar wisata, maka perlu membentuk komunitas sadar wisata terlebih dahulu, guna memberikan pemahaman bagi masyarakat. Ia menambahkan, dalam mengembangkan sektor pariwisata di daerah, berkembang atau tidaknya tergantung juga pada sejauh mana keterlibatan komunitas.

“Dari keterlibatan komunitas ini, kreatifasitas kreativitas anak muda,  bisa membantu pemerintah dalam hal ini, memberi pelayanan agar orang asing ketika tiba mereka bisa tahu dimana tempat untuk membeli soufenir daerah dan tujuan untuk berwisata juga sudah tahu dimana tempat wisata yang mana mereka kunjungi,’’ papar Riri. (mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: