Pasien ODJG yang Dibantu Tim HRP PT NHM Sudah Berperilaku Normal

Foto pasian ODGJ bersama keluarga.

TOBELO-pm.com, Berkat bantuan Direktur PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), Haji Romo Nitiyudo Wachjo melalui tim Haji Robert Peduli-Kesehatan Masyarakat (HRP-KesMas) Maluku Utara, salah satu pasien berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) asal Tidore Kepulauan (Tikep) kini sudah berperlaku normal.

Pasien tersebut sudah dipulangkan ke rumahnya di Kota Tidore Kepulauan.

Koordinator Tim HRP-KesMas Malut, Munir Radjabessy mengatakan, dari pantauan yang mereka lakukan terhadap pasien ternyata benar-benar terlihat adanya perubahan yang sangat bagus.

 “Kalau dulu dianggap mengganggu masyarakat, saat ini sudah mengurus dirinya sendiri, tahu pentingnya berpakaian bagus dan bersih,”katanya, Senin (6/3/2023).

Pasien ODGJ tersebut lanjut Munir, sebelumnya dievakuasi oleh Tim HRP-KesMas Malut pada Agustus 2022 dari rumahnya di Tidore ke RSJ Sofifi setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga dan rumah sakit.

Tim HRP-KesMas kemudian membantu dan memantau terus perkembangannya saat dirawat.

Tim dokter RS Jiwa menurutnya, ikut berperan akif dalam merawat pasien hingga akhirnya dinyatakan sudah bisa keluar rumah sakit, karena perkembangan yang bagus dan akhirnya pada Oktober 2022 kemarin bisa pulang ke rumahnya.

“Ini adalah hal yang sangat menggembirakan bagi kami jika mendengar orang sakit yang kami bantu mengalami perkembangan yang bagus, bahkan bisa sehat dan bisa pulang ke rumahnya,”ujarnya.

Menurutnya, program membantu orang sakit adalah sebuah program yang diinisiasi Presdir sekaligus pemilik PTNHM Bapak Haji Robert. Di mana Tim HRP-KesMas dibentuk mencari informasi tentang warga di lingkar tambang PT NHM dan wilayah lain di Maluku Utara yang mengalami sakit parah serta tidak memiliki akses pelayanan kesehatan kemudian diberi pertolongan.

Banyak warga sudah dibantu, diantaranya mereka yang selama ini hanya terbaring di rumahnya di baik desa-desa di pedalaman, karena tidak memiliki kemampuan untuk berobat.

Ada yang dirawat di rumah sakit di Kota Tobelo Kabupaten Halut maupun di Kota Ternate. Bahkan tidak sedikit dari orang yang sakit telah dievakuasi ke Kota Manado dan Jakarta, karena harus mendapatkan perawatan lebih serius.

Komentar

Loading...