poskomalut.com
baner header

Raih Berbagai Prestasi, Dr Arend Diajak Kerjasama ITBS Jepang

TOBELO-PM.com, Ketua Akademi Komunitas Mapanawang (AKOM) dan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makoriwo Halmahera (STIKMAH) Tobelo, Arend L. Mapanawang, kembali meraih prestasi .

Kali ini Dr Arend diajak melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan International Technical and Brain Service Co (ITBS) Jepang. MoU dengan ITBS Jepang itu diraih setelah dr Arend mengisi pameran atas undangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di Manado.

Penandatanganan dr Arend L Mapanawang atas rencana kerjasama (MoU) dengan Jepang tersebut, untuk pembuatan B100 (Bio Fuel) dari bahan kelapa (Kopra) dan pembuatan minyak premium, pertalite, pertamax dari bahan enau/pohon aren serta herbal suplemen kesehatan.

Penandatanganan MoU tersebut, atas berkat undangan dari Pemerintah Provinsi Sulut untuk mengisi stan pameran rempah-rempah, dan diundang oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada Rapat Kerja Nasional I (Rakernas) sekaligus memperingati HUT ke 42 tahun yang dilaksanakan dari 10-12 Januari 2020.

Penandatanganan kerjasama disaksikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe, Ketua Pameran HUT PDIP ke 47 Ir. Mindo Sianipar, Kepala Balai BPP Pertanian Kementerian Pertanian RI DR Ismail Makromo, Executive Director Internasional Coconut Community Ir Jelfina Constanje Alow.

Sebagai pihak pertama Direktur PT Halmahera Mandiri Sejati, dr Arend L Mapanawang yang berkedudukan di jalan sinar mas Tobelo, Kabupaten Halut, Provinsi Maluku Utara dan pihak kedua President International Technical and Brain Service Co (ITBS) yang berkedudukan di Sankyo Central Plaza Building 3F 5-11-8 Nishinipori, Arakawu-ku, Tokyo, Japan.

Menurut Direktur PT HMS, dr Arend L Mapanawang, berkat Rakernas I dan HUT ke 42 PDI Perjuangan yang mengemas kegiatan pameran rempah-rempah, mengungkit kembali masa kejayaan Indonesia pada tempo dulu.

“Saat ini kita perlu wujudkan bersama Indonesia negara industri berbasis riset dan inovasi nasional,” jelas Arend yang juga selaku Ketua STIKMAH Tobelo Senin, (13/1/2020).

Kata Arend, rencana pembuatan pabrik minyak kelapa b100 solar di Sulawesi Utara, sementara air tuak (Saguer) menjadi pertamax, pertalite dan premium di Halmahera.

“Dalam waktu dekat tim akan turun survei ke Sulut dan Malut. Untuk pasar export tidak menjadi masalah, karena pintu keluar Manado sudah terkonek dengan berbagai negara,” tandasnya sembari bakal mendaftarkan hak paten.

Setelah itu, Arend mengaku di undang Pemprov Sulut untuk mengikuti pameran dengan mengikut sertakan seluruh temuan obat herbal dari Stikmah Tobelo dan AKOM Manado.

“Tanaman yang dikembangkan diantaranya, Golobe, daun Pangi, dan Leilem. Selain ketiga jenis tanaman itu, pengembangan juga meliputi makanan khas Halmahera Utara (Halut) yakni Laor,” tutupnya. (mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: