Konsultasi Publik Penyusunan RIPPM, PT NKA Haltim Libatkan Desa Lingkar Tambang

Foto bersama usai konsultasi publik.

MABA-pm.com, PT Nusa Karya Arindo (NKA) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) libatkan masyarakat lingkar tambang, khusunya di Kecamatan Kota Maba dalam rangka penyusunan Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (RIPPM).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Aula Penginapan Samada Kota Maba, Halmahera Timur, Kamis (20/06/2024).

Manajer CSR PT NKA, Fegi diwawancarai mengatakan, kegitan konsultasi publik itu untuk pengembangan pemberdayaan masyarakat.

"Dan, dokumen ini akan diaplikasikan setelah disahkan nanti," jelas Fegi.

Kata dia, untuk pemberdayaan sendiri, PT NKA sementara ini masih menyesuaikan dengan hasil survei tim independen LML yang mana hasil rekomendasi bakal dilaporkan, akan menjadi fokus bagi pihak perusahaan untuk diapilikasikan kepada masyarakat.

"Karena memang dalam survei RIPPM ini harus dilakukan lembaga independen tidak boleh dilakukan oleh perusahaan,” ujarnya.

Fegi menambahkan, untuk hasil suveri sendiri, pihaknya belum menerima secara langsung, karena tahapan kegitan survei lembaga independen tersebut hingga saat ini masih berjalan hingga pada pengesahan dokumen RIPPM.

"Laporan itu kami terima setelah Tim dari LML yang kami sudah kerja sama, merampungkan hasilnya seperti apa baru kita bisa mengetahui sasaran pemberdayaan dan sekror apa saja yang akan kita aplikasikan," terangnya.

Dikatakan, kegitan konsultasi publik yang dilaksanakan tersebut merupakan tahap akhir dari kegiatan survei yang sudah berjalan sejak satu bulan terakhir ini.

"Ini adalah tahap terakhir dari kegitan penyusunan RIPPM yang kami kerja sama, karena sudah berlangsung sejak 1 bulan kemarin," terangnya.

Sementara itu, ditanyai taggapan masyarakat terkiat hasil survei yang di sampaikan oleh tim independen, dirinya mengaku masukan masyarakat sangat bervariasi, diantaranya terkait pemberdayaan disektor pendidikan, kesehatan, sosial budayaan dan lainnya.

"Dan sosial budaya yang sudah kami lakukan satu tahun belakangan ini selama PT NKA berboperasi," ungkap Fegi.

Untuk dikatahui, stakeholeder yang hadir dalam kegiatan tersebut terdiri dari perwakilan Lima Desa dari Kecamatan Kota Maba, pemerintah daerah yakni dinas pendidikan, dinas perikanan, para kepala sekolah serta tokoh pemuda dan masyarakat.

Komentar

Loading...