poskomalut.com
baner header

14 Unit Kos Kosan di Halut Ludes Terbakar

TOBELO-PM.com, Empat belas Unit Kost Kosan di kompleks pasar baru Desa Wosia, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Senin (28/10/2019) pukul 02.00 WIT, ludes terbakar dilahap sijago Mera. Diduga kebakaran akibat dari percikan api kosleting listrik arus pendek. Beruntung dalam kebakaran tidak ada korban jiwa, namun terdapat kerugian materil Rp 300 juta.

Kebakaran yang melahap 14 unit kost kosan milik pengusaha Cina Ko Chae (47) asal Wosia itu, lantaran bangunan kost kosan miliknya hanya berupa kayu, sehingga api dengan cepat menjalar dan membakar bangunan hingga rata dengan tanah. Pada pukul 03.00 WIT dua mobil air pemadam dan unit SPKT Polres Halut tiba di tempat kejadian, namun dua mobil pemadaman tidak mampu menyelamatkan bangunan kost kosan,  akan tetapi dua mobil pemadam hanya  mampu memadamkan sisa sisa api dari puing puing bangunan. 

Kapolres Halut AKBP Yuyun Arif Kus Handriatmo melalui Kasubag Humas Polres Halut Aiptu Hopni Saribu dalam laporan polisi membenarkan kejadian kebakaran yang membakar 14 unit kost kosan milik ko Chae, hingga rata tanah,”dalam keterangan saksi Chairul (17) asal Desa Lina Hino Kecamatan Tobelo Barat mengatakan kronologis kejadian itu,  bermula dari  saat kejadian saksi tinggal sendirian di kos kostan kakaknya Suryani yang sedang pergi ke desa Hero ino untuk mengambil barang dagangannya berupa rempah rempah dan sayur sayuran , sekitar pukul 09.00 wit, karena status saksi sebagai pelajar kemudian tidur,” tuturnya.

Lanjut Hopni,  pada saat saksi sedang tertidur, tiba tiba sekira pukul 02.10 wit, saksi merasa kepanasan sehingga terbangun dari tidur. Ketika terbangun dari tidurnya, saksi melihat sudah ada Api yang Membakar Atap Kamar Kost  kosan tersebut kemudian dia berlari kaluar kost – kosan untuk membangunkan penghuni tetangga kamar, dan berteriak minta tolong,”Saat saksi berteriak minta tolong, semua penghuni kamar keluar, dan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun api dengan cepat menjalar hingga membakar 14 unit  kost kosan tersebut hingga rata dengan tanah,” jelas Hopni.

Lanjut ia, berdasarkan keterangan polisi yang dirilis, bahwa diduga kebakaran itu sumber api berasal dari korsleting arus pendek listrik. Dalam kejadian kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa namun korban materil mencapai kurang lebih Rp. 300 juta.

Tak hanya itu kebakaran cepat menjalar lantaran konstruksi bangunan yang terbuat dari Kayu sehingga api dengan cepat membakar 14  unit kost kosan hingga ratah dengan tanah,”juga dalam peristiwa kebakaran tersebut terdapat satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z warna biru tanpa Nomor polisi dan TNKB juga ikut terbakar, pada pukul 05.00 WIT, Api kemudian dapat di padamkan dua mobil pemadam kebakaran Pemkab Halut, selama giat pemadaman lokasi kebakaran, situasi aman lancar dan terkendali,”tutupnya. (mar/red)

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Selasa 29 Oktober 2019, dengan judul ‘14 Unit Kost Kosan di Halut Ludes Dilahap Sijago Merah’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: