poskomalut.com
baner header

HMTI-UMMU Ternate Gelar Semnas ‘Ethical Hacking’

TERNATE-PM.com, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (HMTI-UMMU) Ternate, pada Sabtu, (18/01/2020) melaksanakan seminar Nasional dengan Tema ETHICAL HACKING “How to secure Our Private Information of Cyber Crime”. Kegiatan yang diselenggarakan di Vellya Hotel, Kelurahan Jati, kecamatan Ternate Selatan, juga dihadiri oleh perwakilan Mahasiswa dari masing-masing kampus yang berada di Kota Ternate.
Seminar Nasional yang diselenggarakan dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu, Doddy Teguh Yuwono (4N6Labs Indonesia), Kompol H. Zainal Abidin (Kasubdit V Tipid Siber Polda Malut), dan Muhammad Muzammil (Ketua Umum Zona IT Ternate) dimoderatori oleh Erwin Gunawan yang merupakan dosen Teknik UMMU.
Kepada poskomalut.com , Abdul Ramadhan selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut sebagai sebuah langkah sosialisasi yang berkaitan dengan sistem keamanan data bagi pengguna Media Sosial (Medsos) untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat merugikan pengguna Medsos sendiri. “Mengingat di Malut sendiri para pengguna Medsos ini yang tahu hanya kegunaannya saja, tapi dari sisi kelemahan sendiri belum semua tau. Jadi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan maka kami selenggarakan kegiatan dengan tema Ethical Hacking tersebut”, ungkapnya.
Pria semester V Prodi Teknik Informatika yang akrab disapa Adan juga menambahkan, Seminar Nasional yang di selenggarakan oleh HMTI UMMU Ternate juga menyangkut dengan mata kuliah yang sudah mereka pelajari di wilayah akademis dan kemudian dipublikasikan kepada masyarakat umum, sebagai bentuk kepedulian mereka kepada masyarakat umum, khususnya yang berada di Kota Ternate. “Jadi seminar ini juga menyangkut dengan mata kuliah yang kemudian dipublikasikan melalui Seminar Nasional kepada masyarakat umum, terutama mahasiswa”, terangnya.
Sementara itu, harapan dari kegiatan yang diselenggarakan dengan dana sebesar Rp. 18.825.00.00 yang diperoleh dari pengajuan proposal, partisipasi angkatan, alumni dan pihak kampus menurutnya, minimnya pengetahuan Teknologi yang berada di Malut diharapkan agar tidak tertinggal jauh oleh perkembangan Teknologi yang semakin meningkat.
Selain itu Dirinya juga berharap, kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan bisa mendapat dukungan yang baik dari pihak pemerintah maupun kampus. “Dana yang dicapai sebagian berasal dari proposal yang dibuat dan partisipasi angkatan, alumni dan kampus. Kemauan dari panitia serta teman-teman mahasiswa lainnya yang punya kemauan tinggi untuk mempromosikan kegiatan seperti ini terkesan sangat minim terkait dukungan dari pemerintah, padahal dampaknya sangat baik dan luas kalau dari sisi IT,”ujarnya.
Adan sangat berterima kasih kepada seluruh Panitia, Mahasiswa, Alumni, serta pihak-pihak lain yang telah membantu sehingga terselenggaranya kegiatan seminar Nasional dengan lancar. (Op-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: