poskomalut.com
baner header

30 Media Online di Malut Terancam Kebobolan, Ini Cara Mengatasinya!

Muzammil : Admin jangan Log In di sembarang Tempat

TERNATE-PM.com, Mengantisipasi maraknya kejadian pembobolan pada akun Admin website media Online di Maluku utara (Malut), seluruh media Online disarankan untuk tidak menggunakan platform yang opensite dan selalu mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Kepada poskomalut.com , setelah memberikan materi pada Seminar Nasional Sabtu, (18/01/2020) Ketua Umum Zona IT Ternate, Muhammad Muzammil mengatakan, seluruh media Online yang berada di Malut kebanyakan menggunakan WordPress, yang dinilainya juga rentan terhadap pembobolan akun, apabila sudah ditemukan cela pada website lainnya. “Tidak berarti WordPress tidak aman, tetapi celah tersebut akan berlaku di semua website yang menggunakan WordPress termasuk media Online yang menggunakannya”,  ungkapnya.

Menurutnya, dari sekitar 30 media Online di Malut yang menggunakan WordPress sangat berpotensi terhadap kebobolan, yang akan dialami oleh media Online tersebut, apabila melakukan log in pada sembarangan tempat dengan komputer lain. Selain itu, risiko kebobolan akun juga dapat terjadi apabila Admin media Online menggunakan platform gratis dan open search. “Bukan karena kesalahan Adminnya juga, tapi resiko menggunakan platform gratis seperti itu”,  terangnya.

Untuk mengantisipasi akan terjadinya kebobolan seperti yang tidak diinginkan oleh Admin pemilik media Online, Muhammad Muzammil memiliki beberapa saran yang bisa dicoba oleh Admin untuk keamanan website. Hal pertama yang harus diperhatikan oleh Admin adalah dengan melihat dari sisi aplikasi yang digunakan seperti Add On atau Plugin tambahan yang sifatnya Seccurity untuk pengaman.

Sementara untuk sisi server side, Admin lebih diimbau untuk menggunakan firewall yang berbasis aplikasi maupun Slot. “Itu dari sisi aplikasi dan servernya. Selain itu dari sisi SDM juga harus diperhatikan seperti Admin atau operator, yang biasanya mengakses halaman Admin web agar tidak log in di warnet sembarangan, kalau bisa menggunakan laptop sendiri dan lebih menjaga privasi sebaik-baiknya”,  tegasnya.

Potensi kebobolan di Kota Ternate yang dinilainya sudah sering terjadinya, bahkan ada kasus yang sudah pernah ditemukan dan dilaporkan. Akibat tidak ada tempat untuk bisa menangani permasalahan tersebut, dan setelah dirinya melakukan perbaikan, sebagian besar media lebih memilih untuk mengajak dirinya bekerja sama demi keamanan dan kenyamanan bersama. Selain itu juga, Dirinya juga mengimbau para Admin agar selalu mengikuti perkembangan teknologi dan mengetahui cela baru yang ada di website yang digunakan.

“Admin harus paham dengan apa yang dilakukannya, karena bukan mengantisipasi potensi kebobolan lagi, tapi di sini sudah banyak kejadian yang terjadi. Ada yang sudah melaporkan tapi tidak ditanggapi dan ada juga yang tidak melaporkan akibat tidak tahu mau melaporkan dimana. Ada yang sudah diperbaiki dan akhirnya mengajak untuk bekerja sama dalam hal peningkatan keamanan”,  tutupnya.  (Op-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: