poskomalut.com
baner header

Anggaran Gelaran Pilkada Halut 2020 Rp. 27,8 Miliar

TOBELO-PM.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) siap menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Halut tahun 2020, dengan anggaran Rp. 27, 8 miliar. Kesiapan Pilkada Halut 2020 dilaunching, Sabtu 30 november 2019.
Ketua KPU Halut Muhammad rizal pada acara launching Pilkada Halut, dan peresmian rumah pintar pemilu dihadapan Perwakilan KPU Provinsi Maluku Utara Moktar Alting, Sekertaris Daerah, Fredy Tjandua, Asisten 1 Bidang pemerintahan, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkompimda, Perwakilan KPU Kota Ternate dan Tidore kepulauan, serta Pimpinan dan anggota Bawaslu Kabupaten Halut serta sejumlah masyarakat, tepatnya di kawasan Jalan Pemerintahan, Kecamatan Tobelo, Ia mendeklarasikan kesiapan KPU dalam menggelar tahapan Pilkada Halut. “Pelaksanaan Launching Pilkada tahun 2020, menandakan KPU bersama seluruh masyarakat kabupaten Halut telah siap melaksanakan tahapan Pilkada Tahun 2020, sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016,” Ungkap Rizal .
Rizal menjelaskan, dalam pelaksanan Pilkada tahun 2020 nanti 196 desa yang ada di kabupaten Halut akan terlibat langsung dalam proses demokrasi dengan jumlah DPT sebanyak 135.609 ribu dengan jumlah TPS sebanyak 307 TPS dan untuk masing-masing TPS akan mengakomodir 400 pemilih. “Kami berharap, adanya peningkatan partisipasi pemilih nantinya di tahun 2020, dan pelaksanaan pemilu dapat berjalan baik,”jelasnya.
Lanjut Ia, Alokasi anggaran Pilkada yang diberikan Pemerintah Daerah, kemudian telah bersama KPU Halut menyepakati anggaran untuk pelaksanan Pemilu di tahun 2020 sebesar 27,8 milyar. “Kami akan memanfaatkan sebaik-baiknya anggaran ini untuk pelaksanaan pemilu yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya, untuk peresmian Rumah Pintar Pemilu agar wujudkan pendidikan pemilih secara berkesinambungan,a dan dapat menciptakan pemilihan yang berkualitas dan berintegritas di masyarakat, ini penting di laksanakan , untuk mewujudkan integritas dan martabat dalam proses pendidikan demokras,” Tambah Rizal .

Sementara itu, komisioner KPU provinsi Maluku Utara Moktar Alting, dalam sambutanya mengatakan, pada tahun 2020 nanti akan ada delapan Kabupaten/Kota di Provinsi Malut yang akan menggelar Pilkada serentak. Hal ini merupakan hajatan Nasional, yang digelar serentak pada 23 September 2020 di 270 daerah. “Jadi selain kita di Malut ada 262 daerah lain terdiri dari, sembilan Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota,”paparnya.
Terpisah Sekertaris Daerah, Fredy Tjandua mengharapkan, dengan diluncurkannya pemilukada tahun 2020 ini artinya tahapan dan proses pilkada itu sudah dimulai. “Ini harus di berikan apresiasi serta di laksanakan dan dijaga oleh semua pihak,” ucapnya.
Pada kesempatan tersebut, dirinya mengapresiasi dilaunchingnya Rumah Pintar Pemilu (RPP) oleh KPU Halut serta berharap, dengan adanya RPP partisipasi masyarakat dalam memberikan hak politiknya terus meningkat. “Masyarakat nantinya akan jadi lebih paham, tentang aturan-aturan Pemilu, selain itu juga RPP mampu untuk meminimalisir terjadinya gesekan-gesekan akibat ketidakpahaman masyarakat akan aturan Pemilu,” tutupnya. (Mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: