poskomalut.com
baner header

Alat PCR Bantuan dari BNPB untuk Morotai Belum Berfungsi

MOROTAI-PM.com, Meski alat Polymerase Chain Reaction (PCR) sudah ada di Morotai sejak 18 Agustus lalu, hingga kini belum bisa difungsikan untuk mendapatkan hasil swab. Ini lantaran alat swab pemberian dari  Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) RI kepada Pemda Morotai, masih dalam tahap uji coba.

“Teknisi dari Jakarta sudah datang. Alatnya juga sudah diinstal, juga sudah dilakukan kegiatan pelatihan ke tim operator kami. Sementara lagi dilakukan uji coba alat oleh tim kami. Selanjutnya, kita tinggal menunggu litbang provinsi untuk tinjau alat, sekaligus mengeluarkan izin operasional baru kita jalan,” jelas Humas Covid 19 Kabupaten Morotai dr Novindra Humbas, kepada wartawan kemarin.

Dengan demikian, kata dia, hasil swab untuk Morotai tetap dilakukan  di Ternate.”Jadi sampai saat ini kita masih uji leb di Ternate tepatnya di Rumah Sakit Chasan Boesoerie. Yang di sini (PCR) belum,”katanya.

Ia melanjutkan, jika alat PCR telah difungsikan, proses hasil swabnya akan lebih cepat, bahkan hasilnya bisa keluar dua sampai tiga hari.”Hasilnya dua tiga hari sudah bisa keluar. Tapi saya kurang tahu berapa jumlah sampel yang diuji dalam sehari,” terangnya.(Ota/red)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: