poskomalut.com
baner header

Bangunan Bumdes Dehegila Belum Difungsikan

MOROTAI-PM.com, Salah satu Proyek pembangunan gedung Bumdes yang dikerjakan oleh PT Yatira Mulia Kontrindo yang terletak di Desa Dehegila Kecamatan Morotai Selatan (Morsel), sudah beberapa bulan telah selesai dikerjakan.  Hanya saja, proyek yang bersifat multi years dengan sumber anggaran ABBD tahun 2019-2021 senilai Rp 32 miliar lebih itu hingga kini belum difungsikan.  Akibatnya, publik Morotai yang saeringkali melewati lokasi itu selalu bertanya tanya soal bangunan yang belum dipakai itu.

“Kenapa proyek Bumdes yang sudah selesai di kerjakan itu belum di fungsikan, padahal sudah selesai pekerjaannya beberapa bulan lalu,” tanya Iksan, salah satu warga Morotai kepada media ini kemarin.

Seharusnya, kata dia, biar tidak kesan mubazir, maka bangunan itu segera dipakai oleh masyarakat setempat misalnya pengelola Bumdes. “Kan ada anggaran BUMDESnya di desa, ya, wajib dipakai untuk usaha Bumdes misalnya sembako dan jualan lainnya,” jelasnya.

Hal ini juga menjadi penting dalam rangka mempermudah usaha masyarakat di tengah wabah Covid 19. Apalagi perputaran ekonomi dan uang cukup lambat, dengan memfungsikan Bumdes, maka ekonomi bisa berjalan.

Sementara itu, Kaban BMPD Morotai Alexander Wermasubun ketika dikonfirmasi via WhatsApp mengaku, saat ini tim ahli lagi berada di Morotai untuk mencari format yang lebih baik terkait masalah Bumdes itu.”Iya, pak Doktor Ota sekarang lagi Morotai, Rencana Raning satu kali.tahun ini rencana 33 Bumdes selesai,” jawabnya singkat. (ota/red)



Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: