Bawaslu Morotai : MK Tolak Gugatan Sengketa Tanjung Sale

Kordiv HP2H Bawaslu Pulau Morotai, Mulkan Hi. Sudin.

MOROTAI-pm.com, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai membenarkan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa Pemilihan Legislatif (Pileg) di TPS 02, Desa Tanjung Sale, Morotai Utara (Morut).

“Jadi dalam pembacaan putusan tadi (kemarin) ada empat kabupaten yang menjadi lokus gugatan partai NasDem yakni Kabupaten Halmahera Selatan, Halmahera Barat, Kota Ternate dan Kabupaten Pulau Morotai, MK mengambulkan hanya Kota Ternate. Tiga gugatan lain ditolak atau tidak dikabulkan untuk dilakukan PSU," ungkap Kordiv HP2H Bawaslu Pulau Morotai, Mulkan Hi. Sudin., Sabtu (8/6/2024).

Alasan utama MK menolak dalil gugatan, karena pemohon tidak memiliki cukup bukti untuk membuktikan temuannya di persidangan.

“Berdasarkan fakta persidangan bahwa dalil pemohon itu tidak bisa dibuktikan. Substansinya bahwa bukti pemohon tidak cukup kuat," jelasnya.

Dengan hasil tersebut, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pulau Morotai juga sementara mempersiapkan pleno penetapan calon anggota DPRD terpilih pada Pileg 2024.

“Dan, saat ini dari hasil koordinasi dengan KPU. Saat ini KPU sedang mempersiapkan untuk penetapan,” pungkasnya.

Komentar

Loading...