Bawaslu Morotai Teruskan Perkara Perusakan Baliho ke Polisi

Markas Polres Morotai. Foto/Istimewa.

MOROTAI-pm.com, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Gakkumdu akhirnya meneruskan laporan dugaan tindak pidana perusakan baliho milik salah satu Caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke Kepolisian Resort (Polres) Morotai.

Langkah itu diambil setelah Bawaslu dan Gakkumdu melakukan pemeriksaan terhadap RM, warga Desa Dehegila terduga pelaku dan memintai keterangan sejumlah saksi termasuk pandangan ahli.

Kasus tersebut diduga kuat mengandung unsur pidana, sehingga harus diteruskan ke Polres untuk penyelidikan dan penyidikan.

Laporan pengadua itu dibenarkan Kanit Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pulau Morotai, Bripka Fransisko S, saat ditemui di Polres Morotai beberapa waktu lalu.

"Ia benar ada laporan dari Gakkumdu di Bawaslu melakukan pelaporan, terkait perusakan baliho Caleg di Desa Dehegila. Jadi disini kami hanya menerima dan pembuatan laporan, selanjutnya akan ditindaklanjuti penyidik Reskrim,"katanya.

Selain itu, perkara tersebut diteruskan ke Polres Morotai berdasarkan surat tanda penerima laporan, dengan Nomor Polisi: STPL/15/I/SPKT/2024.

Anggota Bawaslu Morotai, Murjat Hi Untung menegaskan, agar warga maupun peserta Pemilu 2024 taat aturan, tidak melakukan pelanggaran kepemiluan.

“Bawaslu tidak segan-segan untuk menindak terkait dengan laporan maupun temuan dugaan tindak pidana Pemilu, baik itu dugaan tindak pidana Pemilu maupun administrasi, maka akan ditindaklanjuti,” tegasnya.

Komentar

Loading...