DPRD dan Pemda Morotai Gelar Paripurna KUA-PPAS

DPRD dan Pemda Morotai gelar paripurna rancangan KUA PPAS tahun 2023, bertempat di ruang rapat DPRD, Senin (24/10/2022).

MOROTAI-pm.com, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai, menggelar rapat paripurna dan penandatanganan nota kesepakatan bersama atas rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di sekretariat DPRD Morotai, Senin (24/10/2022).

Amatan media ini, rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Morotai, Rusminto Pawane, Wakil Ketua, Judi R Dadana, belasan anggota DPRD dan dihadiri langsung PJ Bupati Morotai, Muhammad Umar Ali, sejumlah pimpinan SKPD maupun Forkompinda.

Saat pembukaan, Rusminto mempersentasikan rencana anggaran yang dirancang DPRD mulai dari pendapatan, devisit maupun Silpa. Usai membaca, Rusminto langsung mempersilahkan kepada PJ Bupati untuk bisa memberikan pemaparan soal rancangan anggaran tahun 2023.

Di hadapan forum, PJ Bupati yang karib dipanggil Umar itu menerangkan tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah, Pemda telah menyusun rancangan kebijakan umum APBD dan dan PPAS tahun 2023 dengan berlandaskan pada ketentuan pelaksanaan undang-undang nomor 23 tahun 2014 juga tentang pemerintah daerah Undang-undang nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Dengan demikian ditahun 2023, pendapatan daerah dirancang sebesar Rp840 miliar lebih yang terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp54 miliar lebih, dan pendapatan transfer sebesar Rp785 miliar sementara untuk belanja daerah sebesar Rp871 miliar.

"Belanja operasi Rp433 miliar lebih, selanjutnya untuk belanja modal sebesar Rp323 miliar lebih, sementara untuk belanja tak terduga Rp 5.2 Miliar lebih," terang umar.

Ia menambahkan, Pemda Morotai juga merancang defisit sekitar 30 milyar. Demikian defisit sebesar Rp31,2 miliar lebih, sisa lebih pembiayaan anggaran daerah tahun berkenaan atau silva minus Rp64 miliar lebih.

Komentar

Loading...