Fantastis! Anggaran Penyelesaian Batas Desa di Morotai Capai Rp1,3 M

Pembahasan tapal batas oleh paka kades di Kantor Bupati Morotai.

DARUBA-pm.com, Anggaran untuk penyelesaian batas desa mencapai Rp1,3 milyar. Angka yang cukup fantastis itu didapat dari hasil penggabungan secara total 88 desa di Kabupaten Pulau Morotai.

Rincirannya, setiap desa di Morotai menganggarkan biaya batas desa sebesar Rp15 juta.

Ini diakui sejumlah kepala desa yang ditemui saat kegiatan pembahasan tapal batas di kantor Bupati Morotai, Jumat (25/8/2023).

“Kalau ditotalkan semuanya, maka ada 1,3 milyar lebih anggaran untuk penyelesaian batas desa, dan jika dihitung perdesa maka masing-masing desa itu mengeluarkan dana Rp15 juta,” ungkap salah satu kades.

Menurutnya, kegiatan tersebut tidak diketahui rinciannya. Sebab, diatur pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Morotai.

“Kegiatannya beberapa kali di kantor bupati, walaupun kegiatannya sudah berjalan tapi anggaran perdesa 15 juta itu belum direalisasi. Namun untuk penggunanya secara rinci dari 15 juta itu kami belum tahu,” jelasnya.

Selain itu, terdapat desa yang sudah selesai pembahasan batas desanya lantaran tidak terdapat konflik atau masalah, dan penyelesaiannya bersifat administrasi dengan menghadirkan pihak terkait di kantor bupati.

Sedangkan desa yang berpotensi masih bermasalah, bakal ditinjau langsung tim dari kabupaten.

Terkait anggaran Rp1,3 miliar untuk penyelesain batas desa dibenarkan Kadis PMD Morotai, Ahdad Hi Hasan.

"iya benar, masing-masing desa 15 juta,” akunya.

Ia menambahkan, anggaran tersebut dilekatkan di masing-masing desa, namun tidak menggunakan dana Pemerintah Pusat melainkan dari daerah.

"itu dana dari daerah yakni dana bagi hasil,” tambahnya.

Komentar

Loading...