poskomalut.com
baner header

Kuliah Tamu Prodi Teknik Industri Unipas Morotai Bahas Peran Akademisi Tingkatkan Mutu Pendidikan di Era Smart Society

MOROTAI-PM.com, Program Studi (Prodi) Teknik Industri Universitas Pasifik (Unipas) Morotai menggelar kuliah tamu dengan tema “Peran Akademisi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Teknik Industri Menyongsong Industri 5.0., pada Kamis (16/9/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan via zoom menghadirkan pemateri Dr.Ir. Saiful Mangngenre, ST.,MT.,IPM, Ketua Departemen Teknik Industri Universitas Hasanudin Makassar dan Ketua BKSTI wilayah timur periode 2020-2023, itu membahas terkait tantangan dan perubahan yang harus dilakukan dunia pendidikan sebagai gerbang utama dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing di era society 5.0.

Moderator kuliah tamu, Almukmin Umar ST.,MT. dalam pengantarnya mengatakan, era super smart society (society 5.0) sendiri diperkenalkan oleh Pemerintah Jepang pada tahun 2019. Smart society dibuat sebagai antisipasi dari gejolak disrupsi akibat revolusi industri 4.0, yang menyebabkan ketidakpastian yang kompleks dan ambigu (VUCA). Dikhawatirkan, kata dia, invansi tersebut dapat menggerus nilai-nilai karakter kemanusiaan yang dipertahankan selama ini.

Lanjutnya, dalam menghadapi era society 5.0, dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Selain pendidikan, kata dia, beberapa elemen dan pemangku kepentingan seperti pemerintah, organisasi masyarakat rmas) dan seluruh masyarakat juga turut andil dalam menyambut era society 5.0 mendatang.

“Untuk menghadapi era society 5.0 ini, satuan pendidikan pun dibutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan. Diantaranya pendidik meminimalkan peran sebagai learning material provider, pendidik menjadi penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik. Pendidik berperan sebagai fasilitator, tutor, penginspirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik untuk “merdeka belajar,” ujar Almukmin.

Rektor Universitas Pasifik Morotai, Irfan hi. Abd rahman, ST.,MT. dalam opening speec mengatakan, peran akademisi sangat penting demi menunjang mutu pendidikan. Selain itu, demi menunjang perguruan tinggi dalam hal ini mutu pendidikan sesuai dengan Permenristek Dikti nomor 44 tahun 2015, maka dituntut terutama dalam teknik industri.

“Kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan. Selain itu juga di era sekarang kita harus lebih giat lagi untuk memajukan perguruan tinggi. Terutama dalam hal ini peran akademisi demi memajukan mutu pendidikan,” ujarnya.

Sementara, Dekan Teknik Fitro Darwis ST.M.Eng menyampaikan, semangat para akedimisi dan mahasiswa harus tetap konsisten. Ia juga mengapresiasi Prodi Teknik Industri yang telah melakukan kegiatan perdana dalam bentuk live zoom.

“Terima kasih kepada peserta yang ikut dalam kegiatan yang perdana dilakukan via zoom ini,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini akan menambah khasana pengetahuan semua peserta yang hadir.

Adapun, peserta kulia tamu yang hadir berjumlah 50 orang berasal dari berbagai kampus di Indonesia diantaranya dari Sumatera, Jawa dan Sulawesi Selatan. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: