poskomalut.com
baner header

Mencuri, Oknum TNI Gadungan Diamankan Polisi

TERNATE-PM.com, Warga asal Arai Babakan Caruban Kecamatan Wer Taman, Saumlaki, Maluku Tenggara, bernama Ignasus, Jumat (13/12/2019) akhir pekan kemarin diamankan petugas gabungan di Pelabuhan A. Yani Kota Ternate.

Ignasus diamankan lantaran mengaku sebagai anggota TNI, dan melakukan tindak pidana pencurian di kapal Pelni KM Dorolonda menuju Ternate. Anggota TNI gadungan itu mencuri sebuah Hp milik seorang penumpang di dalam kapal. Aksi pelaku itu diketahui setelah Jetrial yang menjadi korbannya melaporkan kejadian itu ke pihak kapal.

Pelaku mengenakan seragam loreng layaknya tentara sungguhan, namun tak dapat berbuat banyak ketika diamankan petugas gabungan dari Pasintel Lanal Ternate, Denpom Ternate, KP3 Pelabuhan A. Yani serta securiti kapal. Pelaku mengambil Hp korban pada saat korban sedang tertidur kemudian pelaku mengantongi hp dan langsung meningalkan lokasi.

Merasa barangnya telah hilang korban lalu melaporkan kejadian ini ke petugas Pelni, dan petugas Pelni lalu mencari tahu melalui kamera CCTV kapal, dan didapatkan pelaku dengan menggunakan pakaian dinas TNI sedang mengambil HP.

Pihak Pelni melaporkan kejadian ke pihak pengamanan Pelabuhan kapal Pelni dan DENPOMAD Ternate, diterima oleh Serka Jam’an N Fuad (Piket Denpomad). Pelaku diamankan di pos pengamanan pelni dan diminta keterangan oleh petugas Pam Pelni.

Anggota Denpomad Ternate kemudian mendapatkan hasil bahwa pelaku bukanlah Anggota TNI AD, dan dari hasil pemeriksaan didapatkan data pelaku, tempat tanggal lahir di Caruban 08-10-1994, umur 25 tahun, pekerjaan sebagai seorang swasta.

Sementara Dandenpom XVI/1 Ternate, Mayor CPM Darmaji saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya hanya menangani seragam TNI yang digunakan pelaku, sementara tindak pidana pencuriannya, langsung diserahkan ke pihak Polsek Pelabuhan Ahmad Yani Ternate untuk ditindaklanjuti.

Kapolsek Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Iptu Rezza Muhammad Fajrin saat dikonfirmasi wartawan membenarkan kejadian tersebut. Pelaku telah melakukan aksi pencurian barang milik penumpang Kapal Dorolonda. “Pelaku bersama korban sudah atur damai, karena hp korban sudah dikembalikan,” kata kapolsek. (nox/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: