poskomalut.com
baner header

Pemda Morotai Sudah Usulkan14 Ranperda Tapi Tidak Dibahas DPRD 

MOROTAI-PM.com, Sejak tahun 2020 hingga 2021 Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai telah mengusulkan 14 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Morotai. Hanya saja, semua Ranperda itu belum dibahas sama sekali.

Kepala Bagian Hukum Setda Pulau Morotai, Sulaiman Basri, ketika dikonfirmasi wartawan mengaku tidak tahu alasan DPRD belum melakukan pembahasan 14 Ranperda yang sudah diusulakan setahun lebih itu.

“Kendala kemungkinan dana,” kata Sulaiman saat ditemui kemarin.

Sulaiman bilang, 14 Ranperda yang diusulkan tersebut diantaranya Tentang Cagar Budaya Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2020, Kabupaten Layak Anak, Penyelengaraan Gren Smart End Island dan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Kabupaten Pulau Morotai, serta Ranperda Ranperda tentang Covid-19.

“Perda belum dibahas ini berpengaruh misalnya termasuk perda soal Covid dalamnya seperti masker itu diperdakan. Itu sangat berpengaruh di DID yang melepori perda Covid ini salah satunya di Kabupaten Pulau Morotai,” terangnya.

Dikatakannya, 14 Ranperda ini tanpa persetujuan DPRD maka tidak bisa dijadikan Perda. Olehnya itu, ia berharap agar Ranperda tersebut bisa segera dibahas.

“Ini harus disetuju DPRD. Mekanisme kalau DPRD sudah setujui, harus ada berita acara SK ketua DPRD. Lalu diusulkan ke provinsi untuk dievaluasi. Setelah itu, hasil evaluasi dikembalikan diperbaiki baru bupati bisa tanda tangan untuk disebar luaskan,” tukasnya. (Ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: