Pemda Morotai Usul 200 Program ke Pemprov, Hanya 20 yang Diterima

Kabid Sosbud Bappeda Morotai, Yula Lantu.

MOROTAI-pm.com, Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai telah mengusulkan 200 program ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara.

Usulan itu berdasarkan hasil Musrenbang tingkat kabupaten yang digelar Pemda Morotai sebelumnya. Hanya saja, dari sekitar 200 program itu, Pemrov Malut hanya mengakomodir 20 usulan.

"Sebenarnya usulan kami dalam Musrembang ini banyak, cuma karena kami dibatasi. Hanya 20 usulan sesuai dengan arahan provinsi ya kami menyesuaikan dengan permintaan mereka,"ungkap Kabid Sosbud Bappeda Pulau Morotai, Yula Lantu, kepada wartawan kemarin.

Dari 20 program prioritas yang diusulkan dan rata-rata diterima Pemprov Maluku Utara, misalnya program peningkatan di bidang infrastruktur, ekonomi, sosial dan budaya.

"Untuk ekonomi itu kurang lebih ada beberapa kegiatan yang langsung dioke oleh provinsi,” ungkapnya.

Begitu juga dengan infrastruktur, lanjut dia, dari kurang lebih tujuh usulan itu hanya ada dua atau tiga yang diakomodir provinsi.

Sementara untuk bidang sosial budaya, tambah dia, kurang lebih enam atau tujuh usulan. Tapi, hanya ada beberapa usulan yang diterima.

Ia juga mengaku jika 20 usulan program yang dibawa dalam Musrembang provinsi, merupakan hasil musyawara tingkat kabupaten.

“Karena kami juga dibatasi dengan batas usulan yang disampaikan provinsi ya kami menyesuaikan,"katanya.

Ia mengaku bahwa usulan yang sudah diterima itu merupakan kewenangan Pemprov Malut.

"Iyah dan ini sudah menjadi kewenangan provinsi, jadi ketika mereka terima ya mereka akan bangun dengan dana provinsi. Pakai dana APBD,"akunya.

Komentar

Loading...