Pemda Morotai Utang Obat-Obatan Gratis ke Kimia Farma

MOROTAI-PM.com, Kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai menggratiskan biaya pengobatan untuk masyarakat Morotai dalam beberapa tahun terakhir ini, ternyata, berimplikasi terhadap hutang di Apotik Kimia Farma. Dimana, Kimia Farma telah bekerjasama dengan Pemda Morotai dalam hal obat-obatan.

Hal itu terkuak ketika Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morotai Novindra Humbas, saat diwawancarai wartawan usai pelantikan puluhan pejabat di aula kantor Bupati, Senin (15/2/2021). "iya, ada utang obat di Kimia farma dari tahun 2018, 2019 hingga 2020, itu mencapai Diatas angka Rp 5 Miliar,"ungkap Novindra.

Secara garis besar kata Dia, hutang obat kepada pihak Kimia Farma berkisar 5 miliar. Hanya saja,. Sebagian sudah dilakukan pembayaran. Namun, besaran pelunasan itu belum diketahui jumlahnya. "Ada pembayaran juga nanti saya cek lagi 2018, 2019 dan 2020 tahun ini ada juga sudah di lakukan pembayaran,"katanya.

Salah satu penyebab, terjadinya hutang ke pihak Kimia Farma itu karena penggunaan obat lebih besar dari anggaran yang disediakan. Sehingga, terjadi penunggakan hutang bernilai miliaran rupiah. "Dana yang dinggarakan setiap tahun itu untuk pembayaran obat di kimia farma itu lebih besar penggunaan obatnya, makanya dia jadi utang jadi kalau misalnya dianggarkan 3 Miliar setelah di hitung kumulatif penggunaan obat satu tahun nah itu dia sampai 4 miliar makanya setiap tahun itu ada tertinggal utang sampai 1 Miliar hingga 2 miliar,"Pungkasnya. (Ota/red)

Komentar

Loading...