Peresmian Kantor BPN Morotai Dorong Program Strategis Nasional

Plt Kepala Kantor BPN Pulau Morotai, Armansyah Badarudin

MOROTAI-PM.com, Peresmian kantor Pertanahan Kabupaten Morotai oleh Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Malut, Muslim Faiz dan Pemda Morotai, Kamis (4/2/2021), adalah bagian dari upaya untuk mendorong sejumlah program strategis nasional di bidang pertanahan baik pendaftaran tanah maupun sertifikasi barang negara.

"Di kantor pertanahan kabupaten Pulau Morotai ini ada beberapa program sertifikat yang diberikan kepada kami, termasuk proyeksi strategi Nasional, yang pertama untuk yang sering kami sebutkan sebagai pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), nah untuk pendaftaran PTSL ini kantor pertanahan kabupaten Pulau Morotai mendapat target sebanyak 4,756 bidang, untuk PBT-nya dan 4000 untuk SHT-nya. Jadi program kami insya Allah dalam waktu dekat akan menjalankan kegiatan PTSL itu, selain untuk program strategi nasional PTSL ada juga di luar program strategi nasional yakni sertifikasi barang milik negara. Nah di situ kita kantor pertanahan kabupaten Pulau Morotai mendapat target untuk sertifikasi tanah aset untuk PJN, jadi serifikasi tanah untuk jalan ada 200 bidang, ah itu sudah kami selesaikan sampai di tingkat pemetaannya, dan in'sya Allah dalam waktu dekat sudah bisa kami proses lanut untuk terbitkan sertifikat. Mungkin itu terkait profil dari awal sampai saat ini kami di kantor pertanahan kabupaten pulau morotai,"jelas Plt Kepala Kantor BPN Pulau Morotai, Armansyah Badarudin kepada wartawan kemarin.

Ia kembali menerangkan, peresmian kantor BPN Morotai merupakan kantor defenitif yang sebelumnya BPN Morotai masih dibawah Kantor BPN Halmahera Utara (Halut).

"Terkait peresmian kantor pertanahan defenitif kantor pertanahan kabupaten Pulau Morotai yang awalnya masih dalam kantor perwakilan di bawah induknya kantor pertanahan kabupaten Halmahera Utara, nah pada tanggal 28 Desember kemarin ada pengusulan sampai dengan tingkat SK defenitif kantor pertanahan kabupaten Pulau Morotai ini telah terbit, kemudian saya di tunjuk sebagai Plt kepala kantor Pertanahan Kabupaten Pulau Morotai ini pada tanggal 18 Januari 2021,"terangnya.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih karena dengan diresmikannya Kantor BPN Pulau Morotai dapat menyelesaikan masalah hak-hak kepemilikan tanah di Pulau Morotai.

"Berbagai macam permasalahan dan kendala atas urusan hak-hak tanah, adat dan wilayah bisa terselesaikan secara paripurna, tahap awal, dari peningkatan pelayanan dan peningkatan bagi kesejahteraan masyarakat, teristimewa bagi masyarakat yang tidak mampuh dalam kepemilikan status hak atas tanah,"katanya.

"Oleh sebab itu, saya mengajak kepada semua pihak untuk mengawal secara bersama-sama, insan pers dan masyarakat semuanya, sehingga pencapaian target 4000 sertifikat gratis bagi masyarakat bisa terwujud di tahun 2021,"Harap Beny. (Ota/red)

Komentar

Loading...