Rektor Ungkap Keberhasilan Unipas Morotai

Rektor Unipas Morotai, Irfan Hi Abd Rahman.

MOROTAI-pm.com, Rektor Universitas Pasifik (Unipas) Pulau Morotai, Irfan Hi Abd Rahman mengungkapkan keberhasilan yang diperoleh kampus yang dibina dalam satu tahun terakhir.

Misalnya terkait terakreditasi, Unipas Morotai mendapat predikat baik dari BAN-PT.

“Seluruh program studi juga telah terakreditas Baik dari BAN-PT dan lembaga akreditasi mandiri dan  dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, Unipas Morotai masuk dalam kategori klaster pratama yang sebelumnya berada pada klaster binaan,"ungkap Irfan saat memberikan sebutan pada acara Wisuda Unipas bertempat di Islamic Center Morotai.

Poin berikutnya kata dia, bahwa konsukensi dari klaster tersebut memberikan peluang akses terhadap skim dana hibah penelitian dan pengabdian masyarakat yang dikelola Kemedikbud lebih besar peluangnya.

“Alhamdulilah tahun 2023 ini beberapa penelitian dan pengabdian hibah kompetitif nasional di peroleh dosen Unipas Morotai berjumlah 5 judul penelitian dan 4 judul pengabdian masyarakat dari total 18 proposal penelitian, dosen pemula, 2 penelitian fundamental, 2 penelitian kerja sama dan 7 proposal program kemitraan serta 6 proposal pengabdian Masyarakat pemula,” ujarnya.

"Jika dilihat secara presentasi minat dosen untuk ikut berkompetisi mendapatkan dana-dana penelitian dan pengabdian terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun,” sambungnya.

Irfan menjelaskan, dalam bidang kemahasiswaan Unipas  Morotai berhasil mewakili LLDIKTI wilayah 12 dalam ajang debat Mahasiswa bahasa inggris bersama beberapa perguruan tinggi ternama di Maluku dan Maluku Utara, seperti UNPATI Ambon, Unkhair Ternate dan UKIM.

Untuk berkompetesi secara nasional maka dirinya langsung  mahasiswa yang berprestasi diantaranyaa Saf’at Irfandi Sabban dan Artika Ibrahim program studi Bahasa inggris.

Selain itu, mahasiwa Unipas Morotai juga berhasil lolos ketingkat nasional setelah mengalahkan beberapa kompetitor dari kampus lain dalam seleksi yang diselenggarakan LLDIKTI  wilayah 12  dalam lomba debat mahasiswa Indonesia (KDMI). Lomba tersebut bakal diselenggarakan nanti pada September 2023, diwakili Lolifa Prodi Teknik Lingkungan dan Rusmiyanti Hi. Dahlan Program studi Bahasa inggris.

Ia kembali mengungkapkan dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mahasiswa, Unipas juga lulus sebagai peserta MBKM Kemendikbud semester genap tahun 2022/2023 atas nama Rusmita Fabanyo prodi Bahasa inggris.

Sementara pada semesetar ganjil tahun 2023-2024 kurang lebih 5 orang mahasiswa atas nama wahdania lasidji, Sri Wulandari Dohu, Artika Ibrahim, Nurfatimah Syukur dan Sriningsih.

"Mahasiswa Unipas juga berhasil menjadi juara ke 2 Nasional  atas nama Markus Stewart Balamau dari program studi Bahasa inggris dalam penulisan 1000 Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh BKKBN,  UNIPAS hanya dikalahkan  oleh UGM, ini bukti keseriusan Unipas di wilayah maupun Nasional,” ungkapnya.

Komentar

Loading...