Sekda Morotai Ungkap Penyebab TKD ASN Belum Terbayar

Sekda Morotai, Suryani Antarani.

MOROTAI-pm.com, Terbatasnya anggaran yang disalurkan Pemerintah Pusat ke daerah membuat Aparat Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai harus gigit jari.

Pasalnya, hingga menjelang tiga bulan ini, para ASN belum mendapatkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD).

Hal tersebut diakui Plt Sekda Pulau Morotai, Suriyani Antarani yang juga merangkap sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

"Saya harus buka-buka karena sampai hari ini saya masih gantung gaji desa selama Juli-Agustus yang belum dibayar. Lansia juga yang sama yaitu bulan Juli-Agustus, begitu juga dengan TPP pegawai yang belum dibayar,” akunya.

Lanjut dia, persoalan buntut dari capain Pendapatan Asli Daerah (PAD) belum mencapai target yakni, dari target Rp76 miliar. Hanya dicapai Rp15,5 miliar, sehingga memengaruhi pembayaran yang lain.

“Ini sudah disampaikan ke DPRD. Di mana ini tentu masih jauh dari target yang telah ditetapkan, sehingga tunjangan dan gaji perangkat desa dan lansia terpaksa ditunggak,” ujarnya, Kamis (24/8/2023).

Suriyani juga menyinggung tentang tinta percetakan KTP di Dukcapil yang habis membuat sejumlah anggota DPRD ribut.

“Nah, itu yang harus kita pikirkan bersama, bahwa APBD Perubahan yang ada itu kita bisa lihat ada kegiatan program yang harus dikurangi. Pertimbangan itu yang sampai sekarang kami belum menyampaikan dokumen APBD Perubahan di DPRD,” pungkasnya.

Komentar

Loading...