poskomalut.com
baner header

Traffic Light Kelurahan Gamalama Ternate Butuh Perhatian

TERNATE – PM.com, Traffic Light yang berada di perempatan jalan Nukila, samping Apotik Gorontalao Kelurahan Gamalama tampaknya sudah rusak bertahun-tahun tapi tidak diperbaiki, hal serupa juga terjadi di beberapa Traffic Light lainnyw, salah satunya di kelurahan tanah tinggi.
Berdasarkan pantauan poskomalut.com, Sabtu (11/01/20) aktivitas di kawasan jalan Nukila yang cukup ramai apalagi berada di pusat Kota Ternate. Belum lagi kendaraan yang melintas terkadang melaju kencang. Kondisi ini dikhawatirkan menimbulkan kecelakaan lalulintas.
Seperti yang diatur UU no. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas atau APILL adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah.
Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada.
Lampu merah (traffic light) itu memang sudah lama sekali rusak. “Sudah bertahun-tahun lampu merah yang ada di jln. Nukila rusak, dan tidak diperbaiki sampai saat ini,” ujar Amat selaku penguna jalan.
“Menurut saya, itu salah satu pemicu terjadinya kecelakaan. Karena memang arus lalu lintas tidak berjalan dengan baik. Kalau bisa dalam waktu dekat ini lampu merah yang ada di dalam kota harus diperbaiki, dan menjadi perhatian dinas terkait. Jangan sampai terjadi kecelakaan pengendara dikarenakan lampu merah yang rusak. Lampu merah ini juga membantu arus lalu lintas kendaraan,” pungkasnya. (Cr03/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: