YLBH PA Pilih Waringin Sebagai Desa Peduli Anak

Pertemuan YLBH PA dan warga saat menunjuk Waringin sebagai desa peduli anak.

MOROTAI-pm.com, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Perlindungan Anak (YBLH PA) memilih Desa Waringin, Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar) sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA).

Pemilihan Desa Waringin itu bagian dari program INKLUSI, YLBH PA bekerja sama dengan KAPAL Perempuan untuk mewujudkan 10 program yang telah dirancang YLBH PA.

Bahkan, untuk menguatkan itu, YLBH bersama dengan pemerintah desa setempat melakukan penandatanganan komitmen bersama DRPPA.

Sementara, isi komitmen itu terkait dukungan pembentukan DRPPA. Yakni; memfasilitasi langkah-langkah kongkret dan berkelanjutan bagi perkembangan DRPPA, monitoring serta evaluasi berkala atas pelaksanaan rencana aksi DRPPA serta melaporkan perkembangan DRPPA kepada kepala daerah secara berjenjang dan berkala.

Kades Waringin Marjan Taha, memberikan apresiasi perlindungan perempuan dan peduli anak sekalipun Waringin merupakan desa DRPPA mandiri oleh YLBH PA.

“Saya berkomitmen dengan agenda ini dan penuh harapan agar ini memberikan multiplayer efek untuk menjadi penguatan pembangunan di desa. Oleh sebab itu pemerintah desa berkomitmen bersama mendirikan sendiri, khusus perlindungan perempuan dan anak dengan memberikan anggaran untuk pemetaan perlinduangan perempuan dan anak,"katanya.

Djuniar, Direktur Pelaksana YLBH PA Morotai menyampaikan, ada 10 indikator dari DRPPA, Desa Waringin sudah layak, misalnya sudah punya  kelompok perempuan di desa.

“Pada tahun 2022 kami telah membentuk sekolah perempuan di Desa Waringin. Selanjutnya Desa Waringin juga sudah punya data terpilah. Di mana pada 2022 juga kami telah melakukan Participatori Rural Appraisal, sehingga desa tinggal melakukan update nya saja, dari alasan inilah kami menginisiasi agar Desa Waringin diintegrasikan dengan DRPPA itu," jelasnya.

Diketahui, Kabupaten Morotai sejak 2021 telah membentuk model desa DRPPA. Yaitu Desa Yayasan Kecamatan Morotai Selatan dan Desa Gosoma Maluku, Kecamatan Morotai Timur yang merupakan desa project KemenPPA.

Komentar

Loading...