poskomalut.com
baner header

Delapan Desa Nikmati Jaringan Telekomunikasi

MABA-PM.com, Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Timur  dalam hal ini Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom), memastikan ada delapan desa di wilayah Haltim akan kembali menikmati jaringan Telekomunikasi seluler (Telkomsel) dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Infokom Haltim, Jarana Marsaoly mengatakan delapan desa yang akan menikmati jaringan Telkomsel pada tahun ini di antaranya Desa Sosolat, Desa Lolasita dan Satuan Pemukiman (SP) satu di Desa Patlean, Kecamatan Maba Utara, Desa Martana Jaya dan Desa Miaf, Kecamatan Maba Tengah dan Desa Sil, Kecamatan Maba Selatan.

“Jaringan akses Telkomsel saat ini dalam tahap pekerjaan pembangunan tower. Metrialnya sudah didistrubusi ke lokasi masing-masing,”kata Jarana, kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Schedule pekerjaan kontraktor diberikan waktu untuk pembangunan tower dan power selama 10 hari, disusul pemasangan visat selama 7 hari. Total waktu pekerjaan hingga dapat digunakan oleh masayarakat yaitu 20 hari ke depan. “Untuk jaringan terpasang semuanya 4G tetapi untuk operator terpasang adalah Exel, jadi masyarakat tidak harus menunggu sampai 2020 mendatang. Masayarakat di 8 desa ini sudah bisa menikmati,”tuturnya.

Pemda Haltim juga tahun ini mendapatkan bantuan dari Kemenkominfo untuk internet kepada dua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan 6 pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), tersebar di 10 kecamatan. “Untuk 2 BUMDes itu yakni BUMDes Bicoli, Kecamatan Maba Selatan dan BUMDes Mabapura, Kecamatan Kota Maba,”cetusnya.

Dia juga mengatakan saat ini 6 Puskesmas akan mendapat bantuan internet di antaranya Puskesmas Nusa Ambon, Nusa Jaya dan Saramaake, Kecamatan Wasile Selatan, Puskesmas Dodaga, Kecamatan Wasile Timur, Puskesmas Lolobata, Kecamatan Wasile Tengah dan Puskesmas Maba Sangaji, Kecamatan Kota Maba. Ia berharap dengan  adanya bantuan  jaringan Telkomsel dan jaringan intenet, masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik untuk kegiatan kegiatan yang positif demi kemajuan Haltim ke depan. “Kita juga sementara lagi mengusulkan ke pusat untuk 16 desa yang belum tersentuh jaringan Telkomsel. Begitu juga jaringan internet di sisa 9 Puskesmas,”tutupnya.(zhar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: