poskomalut.com
baner header

Ahli Radiologi Pastikan SUTT Tak Berbahaya Bagi Manusia

TERNATE-PM, Seorang dokter ahli Radiologi  Fakultas Unkhair Ternate Dewi Darmayanti, mengaku, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) memiliki potensi radiasi sangat kecil dan tidak barbahaya untuk kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan.

Beberapa kali dilakukan penolakan penyelesaian SUTT yang berada di Kelurahan Kayumerah, terhadap warga RT12 soal dampak radisasi yang disebakan oleh sutet. Ternyata hal ini sangat keliru karena SUTT memiliki radiasi yang sangat kecil dibandingkan dengan matahari dan hanpone jauh lebih tinggi radiasinya.

Dewi menjelaskan, berdasarkan teori radiasi ada dua hal yakni radiasi yang bahaya pengion atau Ionaizing, seperti alat ronseng, radioterapi dan matahari sangat berbahaya. Sementara yang non Ionazing tidak mengion. Artinya, tidak mengubah bentuk sel tubuh sehingga radiasi sangat kecil di antaranya satelit, Hanpoene, TV, Radio, Crt Monitor dan SUTT. SUTT merupakan satelit dengan ukuran radiasi paling kecil. “Matahari itu radiasinya lebih besar dibandingkan dengan SUTT, jika dibandungkan dengan hanpone itu radiasinya lebih tinggi ketimbang SUTT,” katanya.

Berdasarkan aturan pemerintah batas-batas yang boleh dijangkau di bawah SUTT itu di kisaran 5 meter . Jika hal ini sudah dipenuhi oleh PLN maka masyarakat tidak perlu khawatir karena tidak ada dampak radiasi sama skali. (yun/red)

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Kamis, 24 Oktober 2019, dengan judul ‘’ SUTT tidak Berbahaya Bagi Manusia, Hewan dan Tumbuhan’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: