poskomalut.com
baner header

Bersih dari Korupsi, Dua Kali Sabet Penghargaan IIPG

TIDORE-PM.com, Ketua Umum Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Sigit Pramono, menyerahkan penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) kepada Pemerintah Kota ( Pemkot )  Tidore Kepulauan sebagai daerah yang membangun tata kelola dan budaya pemerintahan daerah yang bersih.

Penghargaan yang kedua kalinya ini diterima Assisten Setda Bidang Ekonomi dan Kesra, Muhammad Yasin, bertempat di Hotel Bidakara Jakarta, Jumat (25/10). Ini  merupakan ajang tahunan pemberian penghargaan untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik serta pemimpin inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola pemerintahan.

Muhammad Yasin mengatakan penghargaan ini menjadi sangat istimewa karena untuk kawasan Indonesia Timur, hanya dua kabupaten kota yang menerima penghargaan ini, yaitu Kota Tidore Kepulauan dan Kota Sorong sebagai kategori pemerintah daerah dengan kinerja dan tata kelola terbaik.

Dalam penilaian ini sediktinya ada tujuh indikator penilaian yang dilakukan oleh IIPG untuk menetapkan Kota Tidore Kepulauan meraih predikat tersebut. Ketujuh indikator tersebut antara lain; Pertama,  tata kelola keuangan yang istimewa selama dua tahun (2017-2018) diukur dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2017 dan 2018 memperoleh opini WTP dari BPK dan menetapkan Perda APBD 2017 dan 2018 tepat waktu. Kedua, kepala daerah dan wakilnya tidak tersangkut kasus korupsi.

Ketiga, memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam 3 tahun terakhir (2016-2018), diukur dari pertumbuhan PDRB dan rasio PAD terhadap APBD. Keempat, memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang baik, diukur dari rata-rata IPM tahun 2016-2018. Kelima, memiliki tata kelola keuangan yang baik, diukur dari rata-rata nilai evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) tahun 2018. Keenam, memiliki nilai koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi (Korsupgah) yang baik. Dan ketujuh, memiliki pencapaian program terobosan inovatif untuk mencapai visi dan misi. (tox/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: