poskomalut.com
baner header

BNNP Malut Lakukan Operasi Bersih Narkoba di Bandara Baabullah Ternate

TERNATE-PM.com  Penghujung Tahun 2019, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Utara bersama tim gabungan yang terdiri dari Direktorat Narkoba Polda Maluku Utara, Polisi Militer, Bea cukai, DirPolair, PT. Pelni Ternate, KSOP Ternate, dan Imigrasi melakukan operasi Bersih Narkoba (Bersinar) di dua tempat, yakni bandar udara  Sultan Babullah Ternate dan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate pada Minggu, (29/12/2019).

Berdasarkan relase yang diterima poskomalut.com saat memimpin Operasi Bersinar,  Kepala BNN Provinsi Maluku Utara, Brigjen Pol Drs Edi Swasono, M.M. didampingi Kepala Bandara, Chairul Umam bersama personilnya turut ambil bagian dalam operasi tersebut, diantaranya, Dir. Narkoba Polda Malut, Bea Cukai, Imigrasi, Polisi Militer dan pihak keamanan bandara.

Pemeriksaan operasi Bersinar dilakukan di ruang kedatangan terhadap setiap penumpang pesawat Garuda, Lion Air, Sriwijaya dan Batik Air, saat dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah WNA dari Cina, tim gabungan menemukan barang yang diduga melanggar aturan Kepabeanan. Barang tersebut yakni sejumlah rokok dan minuman berlebel akhohol dimasukkan dalam tas pemilik berinisial CX dan CYL. Pihak Bea Cukai langsung mengamankan barang tersebut, diduga melanggar aturan Kepabeanan.

Foto bersama, usai tes urin sejumlah kru pesawat di Bandara Baabullah Ternate. sambil berpose “Tolak Narkoba”

Kepala BNNP Malut juga mengataka, selain memeriksa penumpang pesawat tim medis BNN Provinsi Maluku Utara juga melakukan tes urine kepada  26 kru pesawat Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air dan Batik Air. “Dari hasilnya secara keseluruhan para kru pesawat tersebut dinyatakan negatif dengan alat ukur tes urine 6 parameter untuk mendeteksi THC atau ganja, Methamphetamine, Amphetamine, Benzodiazepine, Morphin dan Cocain”,  terangnya.

Operasi kemudian dilanjutkan pada siang hari di KM Sinabung yang masuk di pelabuhan Ahmad Yani Ternate pada pukul 13:00 WIT. Tim medis BNN Provinsi Maluku Utara bersama tim gabungan yakni Polair, PT. Pelni cabang Ternate,  Bea Cukai dan KSOP Ternate langsung menuju ruang Nahkoda dan perwira kapal untuk melakukan tes urine kepada 16 perwira kapal dan hasil secara keseluruhan juga negatif.

Kepala BNNP Malut  menyampaikan operasi ini didasarkan atas surat Telegram Deputi Pemberantasan BNN RI tentang antisipasi penyalahgunaan Narkotika di hari-hari besar dan pergantian tahun dengan melaksanakan operasi akhir tahun. “Operasi yang digelar dengan sandi Operasi Bersinar  atau Bersih Narkoba 2019 sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya agar masyarakat pengguna jasa  baik di pesawat maupun kapal laut, selalu merasa nyaman dan aman”, tegasnya.

Kepala BBN Ternate juga menghimbau kepada seluruh penumpang baik pesawat maupun kapal laut yang bepergian jelang akhir tahun untuk memperhatikan keselamatan dan keamanan barang bawaan. (Cr01-red)


Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: