poskomalut.com
baner header

BPBD Ternate Himbau Masyarakat Lebih Waspada Saat Musim Hujan

TERNATE-PM.com  Mengantisipasi akan terjadinya bencana alam serta laka laut akibat cuca buruk yang terjadi di akhir tahun 2019 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate menghimbau masyarakatnya agar lebih berhati-hati saat melakukan aktivitas di laut maupun darat. Himbauan tersebut ditujukan terutama bagi masyarakat yang berada disekitaran kali mati (Barangka) dan pesisir pantai terutama yang beraktivitas sebagai nelayan.

Kepala BPBD Kota Ternate, Hasyim Yusuf saat ditemui poskomalut.com di ruangannya Rabu, (18/12/2019) mengatakan terkait dengan kondisi cuaca wilayah Kota Ternate di akhir tahun 2019 yang akan mengalami cuaca buruk, agar dapat diantisipasi oleh masyarakat sehingga terhindar dar hal-hal yang tidak diinginkan bersama. ” Saya menghimbau kepada warga kota Ternate dan sekitarnya yang berada di sekitar bantaran sungai atau barangka bila mana terjadi hujan yang cukup lebat dalam waktu lama agar selalu ikhtiar dan waspada. Jika melihat kondisi air mulai meluap agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman agar terhindar dari potensi bencana alam yang nantinya terjadi seperti banjir bandang,” ungkapnya.

Selain menghindari sekitaran barangka saat terjadi hujan lebat, Kepala BPBD juga berikan peringatan tersebut kepada masyarakat yang bermukim di sekitaran lokasi tebing yang rawan terjadinya bencana tanah longsor. Peringatan tersebut diberikannya karena mengingat setiap musibah maupun kejadian bencana alam yang akan terjadi tidak bisa diketahui pasti kapan waktunya.

Mengingat sebagian masyarakat pesisir pantai kota Ternate dan sekitarnya yang juga berprofesi sebagai nelayan, untuk menghindari adanya korban di laut maka Hasyim juga menyarankan agar setiap nelayan yang akan melaut bisa lebih mengutamakan keselamatan dengan menunda aktivitasnya sampai kondisi cuaca membaik. ” Saya juga menghimbau kepada seluruh nelayan agar waspada apabila terjadi gelombang tinggi maupun angin kencang serta badai saat hujan agar, segera kembali ke tepian untuk menyelamatkan diri sebelum terjadi musibah yang tidak diinginkan. Sementara untuk masyarakat yang berada di sekitar pesisir yang sering melakukan aktivitas seperti batobo agar melihat kondisi gelombang serta arus laut,” tegasnya.

Himbauan yang diberikan oleh kepala BPBD kota Ternate ditujukan kepada seluruh Masyarakat Kota Ternate, Hiri, Moti dan Batang Dua, karena mengingat aktivitas sebagian masyarakat juga berada dilaut sebagai nelayan untuk menafkahi keluarga. ” Untuk itu juga kepada Nelayan apabila melihat cuaca tidak baik, untuk keselamatannya agar menunda aktivitasnya dulu sampai kondisi cuaca kembali membaik,” tutupnya. (Cr01-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: