poskomalut.com
baner header

Desember, Wilayah Malut Memasuki Musim Hujan dan Gelombang Tinggi

TERNATE-PM.com, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Ternate menyampaikan secara kilimatologi di bulan Desember memasuki musim puncak hujan, sehingga curah hujan akan lebih tinggi debandingkan dengan bulan sebelumnya November.

Pantaun poskomalut.com, Kamis (12/1219) Prakirawan Cuaca BMKG Sultan Babullah Ternate, Pianka H Dwi Putar menjelaskan, perkembangan informasi cuaca untuk wilayah Maluku Utara beberapa hari kedepan secara umum hampir di seluruh wilayah Maluku Utara, berpotensi hujan dari intensitas ringan hingga intensitas lebat, terutama biasanya terjadi pada malam hari dan juga dini hari, dan untuk perkiraan tinggi gelombang beberapa hari kedepan berkisaran antara 0,5 M hinga 2,5 M. Dimana gelombang signifikan itu biasa terjadi di sekitar wilayah perairan utara halmahera, perairan timur halmahera dan juga di perairan barat halmahera, tinggi gelombang berkisar 0,75 M hinga 2,5 M  sedangkan untuk di perairan selatan halmahera sekitar Sanana, Obi, Labuha, Taliabu itu berkisaran antara 0,25 M hingga 1 M saja.

Sementara itu perkiraan  cuaca untuk Kota Ternate secara umum berpotensi hujan ringan, hingga hujan sedang dibeberapa waktu hingga beberapa hari kedepan, biasanya terjadi hujan itu pada sore hari ataupun malam hari  dan juga hujan intensitas ringgan terjadi pada dini hari terjadi di wilayah Kota Ternate.

Pianka menghimbau, pada masrakat Maluku Utara untuk memesuki awal-awal musim penghujan ini, diharapkan untuk melihat informasi cuaca dari BMKG terkait dengan perkembangan cuaca seperti potensi-potensi hujan lebat, angin kencang maupun gelombang tinggi diwilayah Maluku Utara. “Masyarakat diharapkan untuk waspada terhadap perubahan yang terjadi terutama pada gelombang signifikan, untuk masrakat yang melakukan pelayaran ke wilayah-wilayah tertentu di Maluku Utara,”harapnya. (cr03/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: