poskomalut.com
baner header

DK dan DPPK Sango untuk Pemberdayaan Masyarakat

TERNATE-PM.com, Selain Program Fisik yang akan dikerjakan oleh setiap Kelurahan yang ada di kota Ternate dengan menggunakan Dana Kelurahan (DK), adapun Program Pemberdayaan Masyarakat yang juga dilaksanakan oleh pihak Kelurahan. Untuk itu, Lurah Sango berencana, pemberdayaan Masyarakat yang akan dilakukan olehnya dengan mengadakan alat pembuatan Makanan serta mensosialisasikan Pakaian adat Ternate.

Kepada poskomalut.com, Kepala Kelurahan Sango, Kecamatan Ternate Utara, Rustam Lating mengatakan, untuk program Pemberdayaan Masyarakat, Ia berencana akan melakukan pengadaan alat-alat pembuat makanan seperti Kue dan lainnya. Selain itu, adapun sosialisasi pakaian adat yang akan dilaksanakan di kelurahan Sango.

“Sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi juga seperti Narkoba dan Kamtibmas. Kali ini untuk pemberdayaannya, kita mau bagaimana mensosialisasikan tentang penggunaan pakaian adat sesuai dengan makna dan Filosofi yang terkandung di dalamnya. Itu pemberdayaan masyarakatnya,” ungkapnya.

Selain Dana Kelurahan (DK) yang akan diterima, adapun anggaran Dana Partisipatif Pembangunan Kelurahan (DPPK) yang juga akan diterima oleh pihak Kelurahan. Untuk jumlahnya, Lurah telah mendapatkan informasi bahwa di kelurahan Sango akan mendapatkan dana sebesar 100 juta lebih. Dana tersebut menurutnya telah terbagi pada beberapa Pos yang sudah ditentukan untuk anggaran tersebut berdasarkan Juknis yang telah ada.

“Kita di kelurahan Sango akan mendapatkan dana sebesar 100 juta lebih dan sudah terbagi pada beberapa pos. Ada pemerintahan, PKK, Posyandu, Pemberdayaan masyarakat dan lain-lain, hanya saja Juknis yang sekarang belum kita pegang jadi belum diketahui seperti apa,” terangnya.
Untuk itu, Lurah berharap, dengan adanya anggaran DK maupun DPPK yang nantinya akan diterima, bisa dipergunakan sebagaimana mestinya. Diharapkan adanya sinergitas antara Pemerintah Kelurahan, Tokoh Agama, Adat, Masyarakat, Pemuda, serta Kaum Wanita dan Anak-anak. “Ini harus bersinergi dulu, setelah itu baru kita bisa mencapai Visi dan Misi dari Kelurahan itu sendiri,” tutupnya. (OP-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: