DPRD Ternate Sarankan Penanganan Covid-19 di Kelurahan Gunakan DPPK

Anggota DPRD Kota Ternate Yamin Rusli.

TERNATE- PM.com, Komisi I DPRD Kota Ternate beberapa hari lalu melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Ternate Selatan, dan Kecamatan Ternate Tengah terkait dengan progres pembentukan Tim Tanggap  Covid 19 dan dampak Covid 19 terhadap masyarakat.

“Kami memberikan apresiasi ada beberapa kelurahan sudah membentuk Tim Tanggap Covid 19, dan secara aktif melakukan pencegahan Covid-19 tapi rata-rata para lurah mengeluhkan terkait keterbatasan anggaran,”kata Anggota Komisi I Yamin Rusli, dalam release ke poskomalut.com, Senin (13/04/2020).

Komisi I sarankan agar kegiatan penanganan Covid-19 dapat memanfaatkan Dana Pembangunan Partisipatif Kelurahan (DPPK), dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, di luar masyarakat penerima bantuan PKH dan BNPT. Bantuan tersebut kata dia, demi meringankan beban ekonomi masyarakat akibat Covid-19, apalagi memasuki bulan Ramadhan.

Untuk itu, Komisi I mendesak agar bagian hukum mempercepat revisi Perwali Juknis DPPK dan disampaikan kepada BPKAD untuk secepatnya DPPK dicairkan. Selain itu, pihaknya juga menyarankan lurah agar secepatnya merevisi DURK DPPK disesuaikan dengan kegiatan penangan Covid-19, dan Bantuan Sosial kepada masyarakat. “Revisi DURK ini penting supaya tidak menyulitkan para lurah pada saat pertanggungjawaban nanti,”pungkasnya. (red)

Komentar

Loading...