poskomalut.com
baner header

Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ternate Terapkan Wajib Kunjungan Bagi Sekolah

TERNATE-PM.com, Dalam rangka meningkatkan minat baca siswa-siswi yang ada di Kota Ternate, kantor perpustakaan dan kearsipan Kota Ternate melakukan wajib kunjungan setiap sekolah baik itu TK, PAUD, SD, SMP maupun SMA.

“Terkait peningkatan minat baca, perpustaakan dan kearsipan Kota Ternate dalam waktu dekat ini kami akan melakukan bedah buku bersama panitia Festival Book Kota Ternate, yang dilaksanakan di Duafa Center dengan pembedahnya itu doktor Muhlis Hafel, Ali Lating dan juga Sarifudin Usama,” kata Kepala Dinas  Perpustakaan dan Kersipan Kota Ternate Ardini Rajilun, pada poskomalut.com, Rabu (12/02/20).

Selain itu juga, pihaknya juga melakukan kegiatan rutin lainnya seperti wajib kunjungan ke kantor Perpustakaan dan Kearsipan. “Kegiatan wajib kunjung ke Perpustakaan Kota Ternate adalah kegiatan rutin tiap minggunya, untuk bagaimana meningkatkan minat baca para siswa dan siswi yang ada di Kota Ternate,” ujarnya.

Dalam kunjungan, anak-anak diperkenalkan betapa pentingnya arsip dan juga menontonkan filem documenter. “Filem yang kami tontonkan itu filem yang berbaur edukasi, filem perjuangan karena saat ini filem-filem seperti itu sudah mulai luntur olehnya itu kami dari kearsipan memfasilitasi untuk menginkankan kembali kepada siswa-siswi bahwa mencapai kemerdekaan itu susah payah,” jelasnya.

Ia menambahkan, perpustakaan Kota Ternate juga  memfasilitasi perpustakaan keliling dengan target pelayanan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Ternate, kelurahan, dan taman-taman baca. Pelayanan dilakukan mulai dari Senin sampai Sabtu. “Sedangkan untuk hari minggu itu kita langsung ke taman Nukila bersama dengan komunitas-komunitas literasi, untuk memanfaatkan taman nukila sebagai tempat bermain bagi anak-anak,” ungkapnya.

Pihaknya juga bekerja sama dengan guru SMA yang ada di Kota Ternate untuk memberikan semacam tugas resume buku yang ada di perpustakaan. “Kita tahu bahwa di sekolah hanya menyediakan buku-buku paket, sedangkan di perpustakaan tidak lagi menyediakan buku seperti itu, dan hanya buku-buku umum yang relefansinya berkaitan dengan pelajaran-pelajaran SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Dan kami juga bersyukur pada Rektor Unkhair karena sudah dititipkan berbagai macam skripsi, sehingga mahasiswa-mahasiswi yang ingin menambah referensi untuk menyelesaikan skripsi silahkan ke perpustakaan Kota Ternate,” jelasnya.

Selain itu, Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ternate juga bekerja sama dengan komunitas literasi Kota Ternate. “Kami mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan minat baca untuk anak-anak yang ada di Kota Ternate,”tandasnya. (Ris/red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: