poskomalut.com
baner header

Kebakaran Gunung Sosota di Halbar Akibat Puntung Rokok Wisatawan

JAILOLO-PM.com, Kebakaran di lokasi wisata Pulau Sosota, Kecamatan Loloda yang terjadi, Senin (14/10/2019), dikarenakan puntung rokok dari wisatawan. Demikian dikatakan Kapala Kepolisian Resort (Kapolsek) Loloda, Inspektur Polisi Dua (Ipda). Muhammad Yogie B, saat dikonfirmasi wartawan, via WhatsApp, Kamis (17/10/2019).

Menurut Ipda Yogie, kejadian kebakaran tersebut terjadi pada Senin, sekitar pukul 14.00 WIT, yang diduga penyebabnya itu akibat puntung rokok dari pengunjung yang berwisata di lokasi kejadian pada hari tersebut. “Jadi untuk memastikan motif dari kejadian tersebut, saya bersama dengan sejumlah anggota melakukan pengumpulan data dan bahan keterangan (Puldata – Pulbaket), sekaligus melakukan peninjauan TKP,” ujar Kapolsek Loloda.

Dan dari keterangan sejumlah saksi, kejadian tersebut setelah adanya pengunjung yang berjumlah 8 orang dengan menggunakan body (perahu) berwisata di lokasi kejadian. “Namun ketika terjadi kebakaran, para pengunjung yang merupakan warga Ibu melarikan diri dari lokasi tersebut, tetapi  dikejar oleh para saksi dan menanyakan siapa yang membakar, dan dia akui para wisata, mereka tidak sengaja membuang puntung rokok, sehingga terjadi kebakaran,” kata Ipda Yogie mengutip keterangan para saksi.

Lanjut Yogie, dan dari hasil olah tempat kejadian perkara yang dilakukan akibat dari kejadian tersebut, kondisi pulau Sosota sekitar 95 persen hangus terbakar. “Untuk tindak lanjut, pihaknya melalui unit Reskrim, masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait dugaan atas kebakaran itu,” terang Kapolsek Loloda.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kapolres Halbar, AKBP. Aditya Laksimada, dan untuk proses lebih lanjut atas dugaan kebakaran, dirinya sudah menurunkan tim yang dipimpin langsung Kapolsek Loloda Ipda Muhammad Yogie B, ke TKP. “Dan sementara tim masih melakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) dari sejumlah saksi dan para pekerja yang berada disana (TKP),” katanya.  (lan/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: